Teknik Dasar Dan Manfaat Melakukan Gerakan Back Up

Bagikan di :

Gerakan back up merupakan salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani yang banyak manfaatnya. Namun tahukan anda apa yang di maksud dengan gerakan back up dan cara melakukannya.

Pengertian Gerakan Back Up

Apa itu gerakan back up? Yang di maksud back up adalah latihan otot perut dan otot punggung dengan cara awal sebelum melakukan dengan tidur tengkurap, kaki dalam posisi merapat dan kedua tangan di rapatkan di depan dagu. Kemudian angkat tubuh bagian depan ke atas, sehingga dadat dalam posisi tidak menyentuh lanti dan selanjutkan kembali ke posisi semula. Dan gerakan ini dapat dilakukan dengan secara berulang ulang.

Gerakan Back-up

Manfaat Dan Tujuan Back Up

Banyak sekali manfaat ayang bisa di dapatkan dengan melakukan back up. Di antaranya adalah berfungsi untuk membantu melatih otot pinggang, otot pantat dan otot pada bagian paha bawah. Bagi para pemain olahraga bulu tangkis, voly, sepak bola, futsal, tenis dan olah raga lainnya yang memerlukan kekuatan otot pinggang yang kuat. Latihan back up dapat menjadi salah satu latihan yang menunjang.

Misalnya saja seorang atlet bola voly yang harus sering melakukan gerakan loncatan, tentu dia akan sangat memerlukan kekuatan otot pinggang yang baik. Dan untuk bisa menghasilkan loncatan yang baik dan maksimal, di perlukan otot paha dan otot pinggang yang kuat pula.

Terlebih pada saat akan melakukan gerakan memukul bola, gerakan tubuh mulai dari pinggang akan condong ke belakang. Dan tentunya jika tidak di tunjang dengan latihan otot pinggang seperti back up, bisa menyebabkan otot pinggang dan juga perut bisa merasakan sakit.

GERAKAN BACK UP

Cara Melakukan Back Up:

Lantas bagaimana cara melakukan gerakan dengan baik dan benar. Yuk langsung saja di simak secara singkat ulasannya berikut ini:

1. Posisi awal tidur terlungkup dan kedua kaki rapat lurus ke belakang.
2. Selanjutnya posisi badan dan kaki harus lurus. Sementara kedua siku ditekuk dan ujung tangan memengang pelipis kiri dan juga kanan.
3. Angkatlah dada dan kepala keatas
4. Turunkan badan, sehingga posisinya kembali pada posisi semula.
5. Lakukan gerakan ini secara berulang ulang sesuai kemampuan anda.

Selain back up yang bermanfaat untuk melatih kebugaran jasmani, masih ada beberapa gerakan lainnya seperti latihan kekuatan otot perut yaitu baring duduk, latihan kekuatan otot lengan, latihan kekuatan otot tungkai dan latihan keseimbangan.

Baca juga: manfaat senam aerobik

Demikian tadi terkait ulasan cara melakukan back up dan juga manfaatnya yang bisa di ambil. Setelah kita mengetahui yang ternyata gerakan ini sangat banyak manfaatnya untuk menunjang olahraga lainnya. Alangkah lebih baiknya jik kita juga mencobanya agar merasakan juga manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan salam olahraga

Bagikan di :