Berbagai Teknik Untuk Menjadi Kiper Futsal Profesional

Bermain futsal dan menempati posisi sebagai seorang kiper futsal atau penjaga gawang jelas memiliki peranan yang penting karena memiliki tanggung jawab yang sangat krusial. Hal ini tentu tak lepas dengan tugas utama sebagai seorang kiper yang harus mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan saat mendapat serangan dari pihak lawan.

Untuk itu, setiap pemain futsal yang menempati posisi sebagai seorang kiper, harus terlebih dahulu menguasi konsep dasar terkait kemampuan yang wajib dikuasai. Hal ini sangat penting, karena untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan jelas bukan pekerjaan mudah. Bahkan sedikit kesalahan yang dilakukan seorang kiper bisa berakibat fatal dan berujung dengan gol yang dicetak lawan.

Dan dalam ulasan kali ini, akan kami coba untuk mengulas rangkuman beberapa konsep dasar untuk bisa menjadi seorang kiper futsal profesional. Dalm hal ini, tentunya ada beberapa tahapan atau situasi serta teknik-teknik tertentu yang harus bisa untuk dikuasai dan dipahami seorang kiper agar bisa mengemban tanggung jawabnya dengan baik.

Lantas konsep-konsep apa saja yang harus dipelajari dan dikuasai dengan baik oleh seorang kiper futsal sesuai dengan tanggung jawabnya? yuk langsung saja kita simak bareng-bareng.

Teknik Dasar Kiper

1. Reflek Yang Bagus

kiper futsal
Pada situasi tertentu, seorang kiper terkadang akan dihadapkan pada serangan atau datangnya bola yang tiba-tiba atau secara tak terduga. Dalam hal ini arah bola bisa timbul karena serangan balik cepat yang dibangun lawan, bola rebound atau arah bola yang berbelok setelah membentur anggota tubuh pemain lawan. Dalam situasi ini, gerak refleks seorang kiper akan sangat krusial untuk bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan karena keputusan untuk mengambil langkah sangat singkat.

2. Menjaga Setiap Sudut Gawang

Untuk mencoba mengamankan gawangnya dari gempuran lawan, seorang kiper juga harus cerdas dan piawai dalam menutup ruang gawangnya yang masih mampu dijangkau dengan tangannya. Dalam situasi yang sangat penting, jangan sampai seorang kiper gagal mengatisipasi bola karena menempatkan posisinya dalam sudut yang kurang tepat atau kurang ideal.

3. Menghalau Bola

Mengingat tugas utama sebagai seorang kiper adalah mampu untuk mengamankan gawangnya dengan salah satunya harus mampu menghalau bola dengan baik. Seorang kiper hendaknya mampu membaca situasi dengan baik terutama dalam membaca arah bola yang datang. Pasalnya jika sampai salah antisipasi jelas akan bisa berujung dengan gol yang bisa saja dicetak oleh pihak lawan.

4. Menjatuhkan Diri

kiper futsal
Dalam situasi tertentu, seorang kiper juga harus berani untuk menjatuhkan dirinya untuk menghalau bola, entah bisa bersamaan dengan menangkap atau menepis saja. Untuk bisa melakukan ini dengan baik, tentunya butuh latihan khusus untuk mengindari cedera yang tak diinginkan. Selain itu juga bisa untuk terhindari dari benturan pada moment tertentu dan tak terduga seperti saat berebut bola dengan pemain lawan.

5. Menangkap Bola

Mampu menangkap bola dengan baik, tentunya menjadi salah satu materi kemampuan yang harus dikuasai seorang kiper futsal dengan baik dan benar. Semakin lengket tangkapnya, tentu akan semakin baik karena bola bisa lebih diamankan dengan baik.

Karena pada situasi tertentu, seorang kiper terkadang akan menghadapi situasi arah bola yang cepat dan keras. Dan jika sulit untuk di tangkap dengan bai, bisa saja menghasilkan bola rebound yang bisa menguntungkan pemain lawan untuk mencetak gol dengan mudah.

Baca juga: membuat jersey kiper dan pemain

Teknik Dasar Cara Menangkap Bola

Seperti kita ketahui,tugas utama seorang kiper dalam permainan futsal sama dengan permaian sepakbola, yakni mengamankan gawangnya dari kemasukan atau kebobolan yang dilakukan pihak lawan. Untuk itu, seorang kiper futsal dituntut untuk menguasai beberapa kemampuan teknik dasar, dan salah satunya seperti yang akan di bawah dalam artikel ini terkait teknik dasar cara menangkap bola untuk kiper futsal.

Sebelum lebih jauh mempelajari terkait teknik dasar cara menangkap bola bagi seorang kiper futsal. Terlebih dahulu perlu diketahui, bahawa terdapat dua jenis menangkap bola dalam permainan futsal.

Cara Menangkap Bola

a. Tangkapan Bola atas W / Tangkapan Sekeliling

Yang di maksud dengan jenis tangkapan ini, adalah tangkapan yang bisa digunakan pada bola yang berada diposisi diatas pinggang atau kepala. Dengan telapak tangan mengelilingi bola dengan posisi ibu jari dan jari-jari lain membntuk huruf  W pada bagian belakang bola. Tujuannya jelas untuk bisa menangkap bola dengan akurat dan sempurna.

b. Tangkapan Bola Atas

Tangkapan ini bias digunakan untuk bola yang datang dari bawah pinggang dan kadang juga di sebut tangkapan bola basket. Karena posisi telapak tangan yakni dibelakang bola dengan posisi jari jemari menurun secara bersamaan ketika bola datang agar bisa di tangkap dengan akurat dan sempurna.

Baca juga: teknik permainan futsal secara umum

Teknik Dasar Cara Menangkap Bola

1. Tangkapan Bola Bawah

Untuk teknik ini, biasanya kiper mampu menggunakan teknk ini ketika bola meluncur secara deras dan mendatar ke arah gawang. Kiper bergerak maju dengan mencoba mendatangi bola dengan posisi tubuh di antara bola dan gawang. Sebaiknya dengan menggunakan tangan meraih bola secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bola tidak lolos dari tangkapan dan bisa saja melewati sela kaki. Semakin bola yang datang bergulir cepat, maka pergerakan kiper juga harus lebih cepat.

– Pastikan posisi badan maju, sehingga bisa berada di posisi antara gawang dan bola atau sebaliknya.
– Buka kaki dengan selebar bahu
– Posisikan badan dengan membungkuk serta telapak tangan terbuka.
– Ketika bola menyentuh tangan, tekuk satu kaki untuk mengantisipasi bola yang tidak tertangkap yang bisa saja melewati sela-sela kaki.

2. Teknik Mengkap Bola Atas

Sebaiknya dilakukan saat bola di atas pinggang, perhatikan juga saat lawan melakukan tendangan. Sebaiknya usahakan untuk bergerak kedepan, tangkap bola yang datang dengan kedua tangan secara bersamaan dan kemudian peluk bola.

-Pastikan posisi tubuh diantara bola dan gawang
– Buka kaki dengan selebar bahu
– Bungkukan badan dengan posisi tangan ke depan.
– Tarik lengan ketika bola sudah menyentuh telapak tangan.
– Peluk bola dengan posisi badan agak mundur guna mengurangi kecepatan bola dan pastikan bola berada di antara tangan dan dada.

3. Teknik Menangkap Bola Dengan Menjatuhkan Badan

Untuk teknik ini bisa digunakan pada saat mendapat serangan bola yang mengarah di pojok kiri atau kanan. Dan untuk menangkapnya hanya mampu di jangkau dengan menjatuhkan badan. Pastikan mampu melakukan pergerakan yang cepat dalam melangkah dan mengendalikan bola. Setelah menjatuhkan badan, tangkap bola dengan kedua tangan atau juga bisa dengan tangkapan terbaik atau tangkapan W seperti yang sudah di bawah diatas.

Ada beberapa faktor atau sebab yang bisa menjadikan atau mempengaruhi tangkapan seorang kiper futsal terhadap bola kurang lengket dan sering lepas seperti faktor sarung tangan, kurang pemanasan, daya cengkeram kurang dan juga ukuran jari yang pendek.

Nah, demikian tadi terkait ulasan teknik dasar cara menangkap bola untuk kiper futsal yang juga sudah disertai dengan penjelasan cara melakukannya. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.