Perlengkapan Futsal Dan Cara Mempersiapkannya Sebelum Bertanding

Bagikan di :

Sama seperti dengan olahraga lainnya seperti sepakbola. Permainan futsal juga membutuhkan beberapa perlengkapan futsal seperti kostum, bola, sepatu, pelindung lutut dan lain sebagainya sebagai sarana pendukung seperti lapangan. Namun tentunya masih juga ada beberapa perlengkapan yang bisa dipakai saat bermain futsal, dengan catatan tidak membahayakan diri sendiri dan juga pemain lain baik rekan satu tim atau lawan bertanding.

Seperti yang sudah tertulis dan disepakti dalam peraturan FIFA, juga terdapat beberapa larangan atau perlengkapan lain yang tidak bisa di tolerasni atau tidak boleh digunakan serta wajib dicopot ketika bermain futsal seperti berbagai bentuk perhiasan seperti kalung, tindik, cincin dan lain sebagainya.

Untuk perlengkapan -perlengkapan yang biasa bisa digunakan atau dipakai saat bermain futsal akan dijelasakan secara singkat dalam artikel ini. Apa saja itu? yuk langsung saja di simak.

A. Pakaian / Jersey / Kostum

1. Kaos

Untuk bahan kaos tidak ada aturan khusus yang tertulis, asalkan fungsinya menjadi tanda yang membeda-bedakan dengan tim lain maka sudah bisa dianggap sah. Namun di anjurkan untuk memilih bahan kaos yang mudah menyerap keringat dengan baik.

Untuk aturan nomor punggung pada futsal, hanya bisa memakai urutan dari nomor 1 hingga 15 dan terletak di belakang kaos dengan warna yang berbeda dengan warna dasarnya. Bisa bikin jersey futsal untuk seragam tim biar kompak.

perlengkapan futsal baju

2. Celana Pendek

Semua pemain di haruskan untuk menggunakan celana pendek. Untuk bahannya sama dengan kaos tidak ada aturan khusus. Jika harus memakai bicycle pants, harus sesuai dengan warna celana yang dipakai. Akan tetapi untuk penjaga gawang atau kiper, boleh menggunakan celana panjang dan warna kostumnya juga harus berbeda dengan pemain lainnya.

3. Kaos Kaki

Untuk kaos kaki juga termasuk perlengkapan yang wajib dipakai karena memiliki fungsi untuk melindungi kaki dan mempermudah saat memakai pelindung tulang kering. Untuk bahan dan warnanya tidak ada aturan khusus yang spesifit.

4. Pelindung Tulang Kering

Untuk bahan yang biasa dipakai untuk pelindung ini bisa terbuat dari karet dan juga sejenisnya. Bahan lain yang cocok juga diperbolehkan, asalkan bisa memberikan yang sesuai.

B. Bola

Untuk bola yang bisa dipakai dalam permainan futsal juga harus menyesuikan dengan aturan yang berlaku seperti berikut ini:

– Terbuat dari bahan kulit atau sejenisnya yang sesuai. Dalam pertandingan internasional bola futsal terbut dari bahan kulit laken (felt bed) tidak boleh digunakan.
– Keliling bola tidak boleh kurang dari 62 cm dan tidak lebih 64 cm.?
– Berat bola pada permulaan pertandingan tidak kurang dari 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram.
– Tekanan pada bola yaitu 0,4 hingga 0,6 atmosfer (atm) atau 400-600 g/bm3 pada permukaan laut.
– Saat bola untuk pertama kalinya di pantulkan oleh wasit dari ketinggian 2meter, tinggi pantulan tidak boleh kurang dari 50 cm dan tidak lebih dari 65 cm pada pantulan pertama.

C. Sepatu

Bagi pemain futsal profesional, pemilihan sepatu merupakan hal yang sangat penting. Karena faktor kenyamanan bisa mempengaruhi peforma di atas lapangan. Untuk itu pilih sepatu dengan tipe permainan kita atau di sesuikan dengan karakternya.

Pemilihan bahan juga sangat penting, sebaiknya memilih bahan sepatu yang terbuat dari kulit sintesis agar bisa menyesuiakan dengan bentuk kaki. Selain itu juga perhatikan dari segi kekuatannya.

Karena pemain yang profesional dengan intensitas bermain yang sangat padat, pastinya juga mempengaruhi frekuensi penggunaannya menjadi lebih tinggi. Kalau tidak kuat, tentu sepatu akan mudah rusak.

Baca juga: ukuran lapangan futsal

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Futsal Dengan Mudah Dan Praktis

Salah satu agar kita bisa menampilkan permainan futsal dengan baik, tentunya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan salah satunya cara kita saat mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk bermain futsal.

Dengan cara kita mempersiapkan perlengkapan futsal dengan baik dan benar, tentu membuat kita bisa lebih rileks dan percaya diri sebelum akan memainkan pertandingan di mulai.

Hal ini tentu akan berbalik, jika cara kita menyiapkan perlengkapan untuk bermain futsal dengan kurang baik, atau karena kita anggap sebagai hal yang tidak terlalu penting atau serius. Imbasnya, bisa saja kita datang ke lapangan futsal dalam posisi yang terlambat atau hanya memiliki waktu yang sedikit saja untuk mempersiapkannya. Baik itu saat mengumpulkan peralatan yang terpisah atau pada saat akan mencari peralatan futsal yang lupa di simpannya.

Untuk itu, kami dapat melakukan beberapa tips seperti yang akan diulas dalam artikel ini. Hal ini dimaksudkan agar saat mempersiapkan perlengkapan futsal yang mau di bawa ke lapangan akan menjadi lebih mudah dan praktis serta cepat untuk menghemat waktu yang akan dibutuhkan.

1. Sebaiknya mengumpulkan jersey atau seragam futsal yang biasa terdiri dari baju dan juga celana menjadi satu. Sebab kalau di simpan secara terpisah, tentu akan membuang waktu saat mencarinya. Tentu akan lebih praktis jika sudah di simpan menjadi satu dalam satu tempat.

2. Pilih bahan jersey yang bagus dan tidak mudah kusut. Karena jika muda kusut, selain harus di cuci sendiri juga butuh disertika agar terlihat selalu rapi. Dengan memilih bahan jersey yang tidak kusut, tentu akan lebih bisa untuk menghemat waktu karena tidak perlu menyeterika lagi.

3. Sebaiknya memliki tas khusus untuk menyimpan perlengkapan futsal. Dengan memiliki tas khusus untuk futsal, tentu akan lebih menghemat waktu saat mempersiapkan perlengkapan futsal. Karena semua barang-barang yang kita butuhkan sudah terkumpul menjadi satu di dalamnya dan tidak perlu repot repot untuk memindahkan isi barang tas setiap kali ingin pergi bermain futsal.

4. Siapkan kebutuhan futsal di hari sebelumnya atau lebih awal. Atau agar kamu tidak buru buru ketika mau berangkat ke lapangan futsal, kamu bisa mepersiapkan perlengkapan futsalmu di waktu malam sehari sebelumnya atau juga bisa pada saat waktu longgar atau senggang. Jadi sewaktu-waktu tidak punya waktu untuk mempersiapkannya, tinggal ambil dan membawanya saja.

Baca juga: sejarah futsal dunia

5. Kamu juga dapat menyimpan perlengkapan futsal dalam kendaraan yang biasa kamu pakai. Jika kamu terbiasa berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya juga jika kamu menyimpan perlengkapan futsal kamu di dalam bagasi kendaraan. Sehingga ketika ada ajakan untuk bermain futsal secara mendadak, kamu akan selalu sudah dalam kondisisi yang siap dan siap untuk tinggal berangkat saja.

6. Simpan perlengkapan futsal kamu ditempat yang mudah di ingat agar tidak lupa. Karena hal ini akan bisa mempermudah dan menghemat waktu saat kamu mencari peralatan futsal yang lupa disimpan atau hilang.

Nah demikian tadi terkait perlengkapan futsal dan cara mempersiapkannya dengan mudah dan praktis tanpa harus membuang banyak waktu yang bisa saja terbuang percuma, dan yang bisa jasa mempengaruhi penampilan kamu saat akan bertanding. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat bagi kita semua dan salam olahraga.

Bagikan di :