Teknik Dasar Start Lari Jarak Menengah

Lari merupakan salah satu dari cabang olahraga sederhana dan termasuk olahraga tertua di dunia karena semua orang bisa melakukannya, dimana saja dan kapan saja. Agar lari bisa menjadi cepat tentu perlu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan salah satunya cara mengambil atau melakukan start atau awalan sesuain dengan jenis dan nomor lari yang dipertandingkan.

Seperti diketahui, olahraga lari semua akan diawali dengan start terlebih dahulu. Lantas apa yang di maksud dengan start dalam perlombaan lari? Start merupakan cara untuk mempersiapkan diri ketika akan memulai gerakan lari. Adapun untuk jenis pembagian start dalam perlombaan lari sesuai dengan cara melakukannya terbagi menjadi 3, yaitu start berdiri, start melayang dan start jongkok.

Dan untuk pembahasan kali ini akan coba diulas terkait teknik dasar atau cara melakukan start berdiri dalam perlombaan lari yang juga disertai dengan penjalasannya. Dan tentunya kamu pasti di buat penasaran ya? Ok langsung saja disimak ya..!!

Teknik Dasar Start Lari Jarak Menengah / Berdiri

Start berdiri biasa juga disebut dengan standing start dalam bahasa Inggrisnya. Dan biasanya jenis start berdiri ini digunakan oleh para pelari pada lari jarak menengah dan juga lari jarak jauh. Adapun untuk panjang pintasan yang biasa digunakan adalah 800 meter, 1500 meter, 5000 meter dan juga 10.000 meter. Dan gerakan satar berdiri ini pun memiliki teknik tersendiri. Untuk lari jarak menengah ada tiga nomor lari yang diperlombakan yakni lari jarak 800 meter, 1500 meter dan 3000 meter.