Start Lari Jarak Pendek Dan Penjelasannya

Start lari jarak pendek – Seperti yang kita ketahui, olahraga lari semua akan diawali dengan melakukan start terlebih dahulu. Lantas apa yang dimaksud dengan start dalam perlombaan lari? Start merupakan cara untuk mempersiapkan diri ketika akan memulai gerakan lari. Dan untuk pembagian start dalam olahraga lari terbagi menjadi 3 macam yakni start berdiri, start melayang dan start jongkok.

start lari jarak pendek

Untuk pembahasan kali ini, akan di bahas terkait teknik dasar cara melakukan start jongkok dalam perlombaan lari yang juga akan di sertai dengan penjelasannya. Dan tentunya, kamu pasti di buat penasaran ya? Yuk langsung saja di simak..!!

Teknik Dasar Start Lari Jarak Pendek / Jongkok

Start jongkok juga biasa di sebut dengan crouching start dan biasa digunakan dalam pelari jarak pendek dengan panjang lintasan 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Adapun untuk start jongkok dalam perlombaan lari terbagi menjadi 3 macam yakni start pendek atau bunch start, start menengah atau medium start dan terarkhir satart panjang atau long start. Untuk penjelasan secara rinci terkait ulasan 3 macam start jongkok dalam perlombaan lari adalah sebagai berikut ini:

1. Start Pendek / Bunch Start

Adapun untuk melakukan start pendek atau bunch start adalah dengan posisi tangan sedikit lebar dari bahu dan juga posisikan ibu jari untuk membentuk huruf V. Letakkan salah satu kaki di depan, dengan bisa menggunakan kaki kiri ataupun kaki kanan, dimana kaki tersebut memiliki jarak 75 cm dari garis start. Kaki yang berada di belakang disejajarkan dengan tumit yang didepan dengan jarak kira-kira sekitar satu kepal tangan.