Macam Macam Gaya Lompat Jauh Beserta Penjelasannya

Bagikan di :

Gaya lompat jauh – Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang secara resmi sering di pertandingkan atau di perlombakan dalam kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Dan salah satunya dengan selalu masuk dalam event resmi seperti PON, Porpov atau Porkab. Oleh karena itu banyak di sekolah baik SD, SMP maupun SMA dan sederajatnya mulai melatih para siswanya untuk melakukan latihan lompat jauh. Tujuannya jelas, agar mampu meraih prestasi atau juara dalam event yang di ikutinya.

Namun perlu untuk diketahui, jika dalam olahraga atau kejuaraan lompat jauh terbagi juga dalam beberapa kategori. Dan hal ini akan disesuaikan dengan gaya yang diperlombakan. Dalam lompat jauh sendiri ada beberapa gaya yang sering diperlombakan secara resmi. Untuk itu, tentunya akan lebih baik jika mampu menguasainya semua dengan baik dan benar.

Untuk bisa menguasai berbagai gaya dalam olaharaga lompat jauh, tentunya butuh proses dan latihan yang tekun dan mengerti teknik dasar lompat jauh yang benar. Terlebih bagi yang baru tahap pemula atau baru mengenal olahraga ini. Tanpa usaha dan latihan yang tekun, tentu akan sulit meraih hasil kesuksesan secara instan.

Gaya lompat jauh yang sering dipertandingkan secara resmi antaranya gaya jongkok, gaya berjalan di udara dan juga gaya menggantung. Dan dari ketiga gaya lompat jauh yang di sebut tadi, yang paling populer dan paling sering dipelajari yakni lompat jauh gaya teknik melayang.

Namun bila kamu ingin menjadi atlet lompat jauh yang profesional, seperti yang sudah disebutkan terlebih dahulu. Sebaiknya mampu mengetahui semua gaya lompat jauh. Hal ini tentunya memiliki tujuan yang bagus. Karena dengan mampu menguasai ketiga gaya tersebut , maka saat melakukan pertandingan akan makin percaya diri untuk dapat mendapatkan jarak yang maksimal atau terjauh.

Dan pada kesempatan kali ini, akan di ulas terkait dengan macam-macam gaya lompat jauh yang sering di perlombakan dan juga disertai dengan penjelasannya. Dan silahkan pilih gaya dengan kemampuan dan menurut kamu yang paling cocok saat mengikuti perlombaan. Dan berikut ulasan singkatnya terkain macam-macam gaya lompat jauh.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh Beserta Penjelasannya

Gaya Jongkok / Gaya Ortodok

Perlu diketahui, lompat jauh gaya jongkook merupakan gaya yang paling tua dalam lompat jauh. Gaya jongkok merupakan gaya lompat jauh yang paling mudah untuk dilakukan.

Pelompat hanya perlu menekuk kedua kakiknya saat melayang di udara seperti gerakan sedang jongkok. Jadi pengertian dari lompat jauh gaya jongkok adalah gerakan lompat jauh, dimana badan atau tubuh seperti sedang jongkok di udara.

Lantas bagaimana cara melakukan gerkan lompat jauh gaya jongkok dengam baik dan benar? Untuk itu kamu perlu terlebih dahulu mengetaui dan mempelajari teknik dasarnya terlebih dahulu. Sama seperti lompat jauh gaya lainnya namun hanya sedikit perbedaan seperti yang akan di ulas berikut ini.

1. Awalan

Lompat jauh diawali dengan gerkan lari seceepatcepatya pada lintasan awalan lari, dengan jarak ideal bekisar 35-45 meter. Saat melakukan lari awalan, sebaiknya dilakukan dengan kecepatan tinggi sampai pada balok atau papan tumpuan tanpa merubah langkah kaki. Karena gerakan awalan ini yang akan sangat menentukan daya dorong tubuh ke depan.

Dengan gerakan lari semakin cepat melakukan lari awalan, maka akan semakin tinggi atau besar tenaga inersia yang di hasilkan untuk membawa tubuh kedepan. Sehingga hasil lompatanpun akan semakin jauh pula.

2. Tolakan / Tumpuan

Tolakan atau tumpuan dalam lompat jauh adalah gerakan menolak menggunakan satu kaki ke arah atas depa yang dilakukan pas di atas balo atau papan tumpuan lompat jauh. Kenapa tolakan pada lompat jauh hanya di lakukan dengan satu kaki saja? Karena inilah yang membedakan antara lompat dengan loncat. Karena pada umumnya kalau loncat menggunakan tumpuan dua kaki secara bersamaan atau barengan seperti dalam loncat indah, loncat harimau dan juga olahraga senam lantai.

Tolakan yang benar dan maksimal akan menjadi faktor yang mendukung keberhasilan lompatan. Karena semakin tinggi tubuh melayangdi udara, maka akan semakin lama mendarat dan di tambah dengan daya dorong kedepan dari awalan, akan terjadi perpaduan dorongan ke atas dan dorongan ke depan. Sehingga tubuh akan semakin lama melayang di udara pada akhirnya lompatan akan semakin jauh atau maksimal.

Dan untuk melakukan tolakan yang benar adalah menggunakan kaki terkuat, boleh kaki kanan atau kaki kiri. Yang terpenting tolakan dilakuakn pas di atas papan tolak. Tolakan sekuat-kuatnya ke arah atas dengan kecondongan badan mencapai 40-50 derajat.

3. Melayang Di Udara

Gerakan saat melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok di mulai setelah melakukan tolakan. Maka segeralag menekuk kedua kaki secara bersamaan. Gerakan ini akan tampak seperti melakukan gerakan jongkok di udara dengan kedua tangan lurus ke depan.

4. Mendarat 

Gerakan mendaraT dapat dilakukan dengan melurusakan kedua kaki ke depan, tetapi dengan tetap mempertahankan kecondongan badan. Mendarat menggunakan kedua kaki bersamaan dimulau dengan ujung kaki dan dilanjutkan dengan gerakan ngeper agar tidak terjadi cidera pada otot atau persendian kaki.

Dan gerakan mendarat kemudian di akhiri dengan melangkahkan kaki ke depan keluar dari bak lompatan.

Demikian tadi terkait teknik dasar lompat jauh gaya jongkok atau ortodok. Dengan sudah mengetahui teknik dasarnya dengan baik, diharapkan akan mampu menghasilkan lompatan dengan sejauh mungkin atau lebih maksimal dari yang di targetkan. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Gaya Berjalan Di Udara / Walking In The Air

Dalam melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara ini, tungkai diayun dengan kuat tinggi ke depan. Dan pada saat melakukan tolakan, tungkai lurus ke bawah dan kebelakang badan dengan posisi lutut ditekuk.

Gerak tungkai ayun masih terangkat sampai posisi horizontal, sehingga posisi kedua tungkai terlihat seperti sedang berjalan atau sedang berlari. Kemudian tepat sebelum mendarat, posisi tangan dibawah ke belakang tubuh dan diayunkan ke depan dengan kuat, sedangkan kaki telah dipersiapkan untuk mendarat.

Secara keseluruhan rangkaian gerak teknik dalam lompat jauh terbagi dalam beberapa tahapan yakni  awalan, tolakan, melayang di udara dan pendaratan. Teknik teknik dasar ini harus dikuasai dengan baik, agar mendapatkan koordinasi gerak yang baik untuk menghasilkan jarak lompatan yang maksimal atau jauh.

1. Awalan

Awalan lari dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari, namun masih dalam posisi yang bisa dikedalikan untuk melakukan tolakan. Ketika pada saat mendekati tolakan sekitar 3-5 meter, langkah terakhir dipersiapkan untuk mengalihkan gerak horizontal (lari awalan) kepada kecepatan vertikal (tolakan) dengan langkah terakhir yang pendek.

2. Tolakan

Tolakan dilakukan sebagai tahapan pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya , yaitu untuk menghasilak gerak mengangkat tubuh ke atas untuk gerakan melayang di udara.

Pada saat melakukan tolakan, kaki tolak sedikit dibengkokan, menapakkan kaki dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan saat melakukan tolakan memerlukan kecepatan, kekuatan dan jga koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakannya akan menjadi lebih efektif.

3. Melayang Di Udara

Gerakan kaki yang berjalan selama melayang di udara akan memudahkan Anda untuk melakukan gerakan pendaratan yang baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan gerak melayang di udara adalah sebagai berikut ini.
a. Memelihara kesimbangan badan saat melayang.
b. Mengusahakan tahanan udara sekecil meungkin.
c. Mengusahakan melayang di udara selama mungkin.
d. Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

4. Pendaratan

Pendaratan dapat dilakukan dengan persiapan menundukan kepala, mengayun lengan dan membawa pinggang ke depan. Dengan demikina, pada saat pendaratan, anggota badan yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Seadainya harus menyentuh pasir, perkenaan dengan pasir harus lebih dahulu dengan kaki.

Untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknik lompat jauh, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor yang bisa menentukan hasil lompatan seseorang, dan diantaranya adalah sebagai berikut ini:
a. Penentuan jarak awalan yang tepat
b. Penentuan irama lari awalan.
c. Kemampuan menolak dan lepas landas
d. Kemampuan gerak melayang.
e. Kemampuan gerak pendaratan.

Perlu di ketahui, seseorang pelompat dapat dinyatakan gagal dalam lompat jauh apabila melakukan beberapa hal-hal sebagai berikut ini.
– Menyentuh tanah di belakang garis batas tumpuan bagian tubuh manapun, baik sewaktu membuat ancang-ancang lompat, atupun saat lari kencang tanpa membuat tolakan.
– Menolak dari luar ujung balok tumpuan, baik sebelum maupun sesudah garis perpanjangan garis tumpuan.
– Pada saat mendarat, pelompat menyentuh tanah di luar zona area pendaratan atau bak lompat sebelum melakukan pendaratan yang benar pada bak pendaratan.
– Sesudah melompat dengan sempurna, kemudian pelompat berjalan balik melalui bak lompat.
– Mendarat dengan melakukan suatu gerakan salto.

Gaya Menggantung / Schnerpper / Hang Style

Untuk teknik lompat jauh gaya menggantung adalah teknik lompat jauh dengan posisi badan melenting kedepan, kemudian posisi tangan berada di samping telinga serta kaki rapat dibelakang saat berada di udara. Untuk melakukan teknik awal, tolakan/tumpuan mendarat sama dengan kedua teknik lompat jauh yang telah di bahas sebelumnya yakni lompat jauh gaya jongkok dan juga lompat jauh gaya berjalan di udara.

Demikian tadi terkait ulasan macam-macam gaya lompat jauh yang juga disertai dengan penjelasannya meski secara singkat saja. Perlu di ketahui, untuk mendapatkan lompatan yang maksimal, diperlukan melatih otot kaki dengan sering berlari atau melompat. Karena hal tersebut akan membatu saat melakukan tolakan agar lompatan bisa menjadi lebih maksimal. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Bagikan di :