Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Baik Dan Benar

Bagikan di :

Teknik dasar renang gaya dada – Seperti kita ketahui, renang merupakan salah satu cabang olahraga yang di lakukan dalam air. Dan tentunya untuk mencoba melakukannya di butuhkan keahlian khusus, terutama bagi yang masih tahap pemula atau tahapa belajar di sarankan ada yang mendampinginnya.

Untuk itu sebaiknya bagi yang masih pemula mempelajari dulu teknik teknik dasar renang dan juga variasi gayangnya untuk menghindari hal yang tak di inginkan.

Teknik-Dasar-Renang-Gaya-Dada 4

Setelah tahapan teknik dasar dalam renang yang mleliputi teknik pernapasan, teknik meluncur dan teknik mengambang mampu di kuasai dengan baik. Tahapan berikutnya bisa belajar dengan mencoba beberapa gaya dalam renang yang biasa di pertandingan secara resmi. Dan untuk kali ini dalam artikel ini akan di ulas teknik dasar renang gaya dada yang baik dan benar.

Namun sebelum Anda belajar teknik renang gaya dada, terlebih dahulu sebaiknya melakukan pemanasan. Hal ini tentu memiliki tujuan sama seperti olahraga lainnya. Agar otot otot tidak kau sehingga nantinya dapat terhaindar dari kejang otot saat berenang . Adapun bagian otot otot yag harus di regangkan lebih dulu antara lain otot tangan,  otot pinggang,  otot leher, otot punggung , otot perut dan juga kaki.

Setelah sesi pemanasan sudah di lakukan dengan baik dan bagian bagian tubuh sudah terasa lebih rileks, Anda mulai bisa untuk segera belajar teknik dasar renang gaya dada seperti yang di ulas secara ringkas berikut ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Baik Dan Benar

Teknik-Dasar-Renang-Gaya-Dada-Yang-Baik-Dan-Benar

1. Posisikan bahu agar sejajar dengan air dan kedua tangan menjulur ke depan bersamaan dengan majunya badan.

2. Selanjutnya tamgan kembali ke belakang di bawah permukaan air sambil mendorong agar melaju cepat.

3. Kedua kaki ditekuk dan ditarik ke arah depan, sehingga kedua kaki Anda merapat dan lurus kembali.

4. Posisi kepala harus selalu berada di atas air, kecuali saat start dan sedang berputar balik.

5. Waktu berbalik dan finish harus menyentuh dinding dengan kedua tangan secara serempat dan sama tinggi dengan kedua bahu dalam sikap mendarat.

Tentunya di butuhkan latihan secara serius dan konsisten agar segera mampu di kuasai dengan baik dan benar. Semuanya pasti butuh proses dengan tahapan pecapaian yang berbeda beda. Bila Anda mungkin awalnya mengalami kesulitan, mungkin bisa dengan minta di dampingi dengan rekan atau pelatih yang Anda rasa sudah mampu menguasai teknik renang gaya dada dengan baik.

 

Info layanan: Jersey Printing Olahraga

 

Teknik Dasar Start

Seperti kita ketahui, perlombaan renang dimulai dengan melakukan start terlebih dahulu. Untuk cara melakukan start renang gaya dada, gaya bebas dan juga gaya kupu-kupu dilakukan dengan berdiri ditas balok start yang sudah ditetapkan dengan posisi badan dibungkukan kedepan dan kedua lutut ditekuk.

Sementara pada renang gaya punggung, start dilakukan ditepi kolam dengan menghadap ke tembok atau dinding dengan kedua tangan memegang stang atau pegangan start gaya punggung. Kedua lutut ditekuk diantara kedua lenga dan kaki bertumpu pada dinding kolam di dalam air. Sedangkan start untuk renang gaya kupu-kupu sama, cuma perbedaannya merapat pada sudut masuknya dalam air.

Pada renang gaya bebas dan gaya kupu-kupu, sudut masuknya ke air kira-kira 15 derajat. Sedangkan utuk gaya dada masuknya lebih dalam sekitar 20 derajat. Dengan cara ini memungkinkan perenang bisa masuk kedalam air dengan lebih dalam dan berada dalam posisi yang lebih baik untuk melakukan tarikan lengan dan kaki yang panjang, sebelum kemudian muncul di permukaan air.

Nah untuk ulasan kali ini akan fokus pada teknik dasar strat dan pembalikan pada renang gaya dada. Tentunya ulasan ini akan bisa membantu bagi kamu yang mungkin baru mempelajari teknik renang gaya dada. Untuk bisa menguasai teknik ini dengan cepat, dibutuhkan usaha latihan yang rutin dan konsisten. Smakin sering melakukan latihan, tentunya akan bisa membantumu untuk menguasai teknik start dan pembalikan pada renang gaya dada dengan lebih cepat. Yuk langsung di simak saja ulasanya berikut ini.

Teknik Dasar Start Dan Pembalikan Pada Renang Gaya Dada:

1. Teknik Dasar Start Pada Renang Gaya Dada

Adapun untuk urut-urutan teknik startpada renang gaya dada adalah sebagai berikut ini:
– Ambil sikap start dengan berdiri di bak tempat melakukan start. Kedua ujung jari dikaitkan pada bibir balok start.Selanjutnya ambil sikap membungkuk dengan kedua lengan berada lurus ke belakag dan padangan mata diluruskan kedepan.
– Bungkukan tubuh mendekati air dengan sikap lengan diayunkan kebelakang.
– Ayunkan lengan bergerak ke depan sehingga tubuh bisa terdorong maju.
– Dengan dorongan ayunan itu, akan membuat tubuh condong ke permukaan air.
– Sikap tubuh yang akan jatuh di bantu tumpuan telapak kaki, dan badan mulai lepas landas.
– Saat tubuh melayang  lengan dan kaki usahakan dengan sikap yang lurus.
– Sikap tubuh yang lurus ketika masuk ke permukaan air.

2. Teknik Dasar Pembalikan Pada Renang Gaya Dada

Adapun untuk urut-urutan teknik pembalikan pada renang gaya dada adalah sebagai berikut ini:
– Kedua lengan menyentuh dinding secara serentak dan dalam posisi sama tinggi.
-Lepaskan satu tangan dari dinding, pantat dan kaki yang sudah ditekuk diputar.
– Kedua tangan lepas dari dinding dan sementara kedua kaki menolak dari dinding.
– Setelah mendorong kepala ada diantara kedua lengan dan perenang tenggelam di bawah permukaan air.
– Setelah tarikan tangan mulai dengan lengan-lengan yang hampir menarik lurus dan menarik langsung ke samping dalam suatu garis yang sejajar dengan permukaan air.
– Lengan-lengan mulai menekuk pada siku-siku ketika tangan agak menurun, lengan dan siku hampir setinggi bahu.
-Siku menekuk ketika kedua tangan saling mendekat, kepala merendah dalam air supaya badan tidak naik ke permukaan.
– kedua tangan hampir saling bersentuhan ketika tekukan siku melebihi 90 derajat. Selanjutnya setelah itu kedua tangan bergerak cepat kearah belakang dengan suatu gerakan yang serupa sabetan ketika siku-siku diluruskan.
– Kedua siku hampir lurus sepenuhnya dan perenang siap untuk mendorong air ke atas dengan menggunakan telapak tangan.

Demikian tadi terkait ulasan singkat teknik dasar renang gaya dada yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan kita tentang olahraga renang yang kini makin populer dan banyak penggemarnya di semua kalangan. Salam olahraga.

Bagikan di :