Teknik Dasar Renang Bagi Pemula Yang Harus Dikuasai

Bagikan di :

Olah raga renang juga merupakan salah satu cabang olah raga yang banyak peminantnya. Namun olah raga ini tentunya perlu keahlian khusus karena di lakukan di dalam air dengan kedalaman yang berbeda beda. Bagi para pemula yang mulai atau ingi belajar renang sebaiknya mempelajari dulu teknik dasar renang untuk menghindari hal hal yang tak di inginkan.

Teknik Dasar Renang

Memang untuk bisa menguasai teknik berenang terkadang butuh waktu yang lama dan tiap orang tentu berbeda-beda hasilnya. Namun, jika anda melakukannya dengan semangat yang tinggi, bisa saja anda akan menguasainya dalam waktu yang singkat.

Bisa dikatakan belajar renang memang bisa menjadi hal yang sulit, namun jika bisa menjadi hal yang mudah juga untuk dilakukan. Untuk itu, bagi anda yang masih tahap pemula sebaiknya menguasai terlebih dahulu beberapa teknik dalam olahraga renang seperti berikut ini.

Pada dasarnya teknik dasar olah raga renang yang harus di pelajari meliputi tiga teknik yang berbeda beda. Yang pertama adalah teknik pernapasan kemudian di lanjutkan teknik meluncur dan yang terakhir teknik mengambang. Jika tiga teknik ini mampu di pelajari dan praktekan dengan baik, tentunya akan jadi modal penting bisa berenang.

Berikut Teknik Dasar Renang Yang Harus Dikuasai :

1. Teknik Pernapasan

Teknik ini menjadi dasar yang harus mampu di kuasai saat berenang. Karena keberhasilan renang juga tergantung saat mampu mengatur nafas dengan baik. Caranya berdirilah di pinggir kolam dengan dan mulut anda tetap di kontrol pada permukaan air. Selanjutnya tarik nafas dalam dalam dan hembuskan melalui hidung. Lakukan latihan ini secaraberulang ulang agar segera mampu di kuasai dengan baik.

2. Teknik Dasar Meluncur

Teknik dasar meluncur ini juga menjadi faktor penting dalam olah raga renang. Caranya berdirilah di pinggir kolam yang dangkal dan tidak terlalu dalam bagi pemula. Kemudian tempelkan salah satu kaki anda bisa bebas kiri atau sebelah kanan dengan jari menghadap ke bawah sebagai tolakan meluncur. Selanjutnya dorong badan sekuat tenaga mengunakan kaki tadi untuk meluncur sejauh yang mungkin. Usahakan kepala masuk air serta telinga bisa sejajar dengan lengan tangan. Berlatihlah teknik ini sesering mungkin untuk menemukan keseimbangan tubuh.

3. Teknik Mengambang

Mengambang adalah upaya agar tidak tenggelam ke dasar kolam. Dan tentunya teknik ini harus mampu di kuasai para perenang dengan baik. Dan teknik mengambang ini terbagi menjadi dua teknik. Yakni teknik mengambang terlentang dan tegak lurus secara vertikal.

Untuk teknik mengambang terlentang dengan cara menarik kebelakang sampai telinga terendam air. Selanjutnya regangkan kedua kaki sampai berbentuk siku siku, sementara pergelangan tangan tetap rileks dan lurus. Untuk segera bisa menguasai teknik ini di butuhkan juga latihan yang rutin dan serius.

Teknik dasar mengambang tegak lurus secara vertikal. Teknik ini di awali dengan posisi tubuh tegak lurus di bagian bawah permukaan air, sementara kepala berada di atas permukaan air sampai sebatas dagu. Selanjutnya gerakan tangan dan kaki anda untuk mencari keseimbangan agar tubuh anda tetap melayang di atas permukaan air. Berlatihlah secara rutin dan serius agar teknik mengambang segera mampu di kuasai.

Baca juga: manfaat renang

Perlu untuk diperhatikan jika terjadi sesuatu saat berenang atau mengalami kecelakaan kecil, usahakan tubuh harus tetap renang dan menggerakan anggota tubuh secara cepat. Saat itulah, pengontrolan pernafasan agar air tidak masuk ke hidung dan menghindarkan dari iritasi pada mata.

Demikian tadi ulasan teknik dasar renang bagi pemula yang harus dikuasai dengan baik dan benar. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

 

Info layanan: Jersey Printing Olahraga

 

Bagikan di :