Jenis Dan Macam Gaya Renang Berserta Gambar Dan Penjelasannya

Bagikan di :

gaya renang
Gaya renang – Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan dan di lakukan di udara atau kolam renang khusus. Olah raga ini banyak di gemari dari anak anak hingga orang dewasa juga orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Namun perlu di olah raga ini diperlukan keahlian khusus, sebelum bagi yang ingin menjadi atlet profesional.

Pada umumnya membagi gaya renang tergantung dengan gerakan yang digunakan dan tekniknya. Dan untuk saat ini sudah di kenal 6 gaya renang populer yang gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya puggung, gaya anjing dan gaya samping. Bagi Anda yang masih bingung, berikut penjesannya.

Jenis Dan Macam Gaya Dalam Olah Raga Renang:

1. Gaya Renang Dada

Gaya dada dalam renang merupakan teknik berenang yang mirip dengan katat saat berenang. Jenis gaya ini memiliki kecepatan lebih rendah dari pada senam yang lain dan cocok untuk yang suka berenang dengan santai. Teknik renang gaya dada dengan mendorong badan ke depan dengan kekuatan ada pada kaki dan tangan. Selanjutnya di butuhkan kemampuan tangan mendorong ke bawah saat kepala terangkat untuk kemampuan.

2. Gaya Renang Bebas

Teknik-Dasar-Renang-Gaya-Bebas

Tetap di kenal dengan gaya bebas karena bebas dalam menggunakan tangan dan kaki belum ada aturan yang juga harus di taati. Di mana saat berenang posisi badan di atas permukaan dan tangan mengayuh kedepan. Sementara posisi kaki menendang atau bisa melakukan gerakan seperti menggunting.

3. Gaya Renang Kupu Kupu

Teknik ini merupakan pengembangan gaya dada dengan dasar pengembangan berada di tangan. Variasi gaya renang kupu-kupu biasa juga di sebut gaya lumba lumba yang masuk ke udara kemudian keluar saat tanga di dorong ke bawah, sementara posisi kaki lurus dengan memindahkan aluran badan.

 

Info layanan: Jersey Printing Olahraga

 

4. Gaya Renang Punggung

Seperti nama yang digunakan, untuk gaya ganti posisi renang sambil terlentang melihat ke atas. Sementara posisi punggung masih ada di permukaan udara. Untuk cara mengambil nafasnya, gaya punggug terbilang bebas karena bisa diambil kapan saja, karena posisi wajah bisa di atas air dengan menghadap ke atas saat berenang.

5. Gaya Renang Anjing

Gaya renang anjing ini tekniknya bergerak gerakan kompilasi anjing sedang berenang. Biasanya posisi kepala di atas udara, sementara tangan dan kaki melakukan geraka seperti saat berenang.

6. Gaya Renang Samping

Teknik gaya renang samping ini menggunakan sisi samping tubuh kita saat berenang. Berhubungan gaya ini tidak di perlombakan dalam kompetisi resmi renang. Dengan terus latihan dengan gaya renang samping, akan dapat menambah keterampilan dan kemampuan berenang sebagai bentuk variasi tambahan.

Baca juga: manfaat renang

Demikian tadi terkait tinjauan jenis dan macam gaya dalam olah raga renang yang perlu diketahui. Sekali lagi olah raga renang butuh keahlian Khusus bagi yang masih pemula. Terlebih untuk yang masih anak-anak harus terus di dampingi hingga mahir dan pintar berenang.

Bagikan di :