Teknik Dasar Senam Irama Dan Unsur Pentingnya

Bagikan di :

Seperti yang kita ketahui, senam irama adalah salah satu jenis senam yang sangat membutuhkan keserasian gerakan dengan irama musik atau lagu yang di mainkan. Untuk bisa melakukan gerakan gerakan dalam senam irama tentunya di butuhkan latihan yang rutin dan tekun.

Dan sebagai pemula, tentunya harus terlebih dahulu mengerti teknik dasar senam irama yang perlu di pelajari dan di kuasai dengan baik.

senam irama

Dalam senam irama terdapat beberapa variasi gerakan dasar yang harus di kuasai oleh pesenam. Pada umunya senam irama lebih banyak menggabungkan beberapa gerakan variasi langkah kaki dan ayunan tangan. Untuk lebih detail dan jelasnya akan di ulas dalam artikel ini, yuk mari di simak dengan baik.

Teknik Dasar Senam Irama :

1. Gerakan Langkah Kaki

gerakan senam irama

Gerakan langkah kaki dalam senam irama merupakan salah satu teknik dasar yang harus di kuasai dengan baik untuk bisa menyesuikan dengan gerakan tubuh lainnya dan juga iringan musik yang di gunakan. Pada dasarnya teknik gerakan langkah kaki terbagi menjadi beberapa bagian berikut ini.

a. Langkah Biasa / Loppas

Untuk melakukan gerakan ini, dengan lebih dulu bersikap tegak, selanjutnya langkahkan kaki kiri dan kedua lengan berada di sampng badan. Langkahkan kaki kanan kemudian jatuhkan pada tumit di lanjutkan dengan kaki kiri secara gantian.

b. Langkah Rapat

Cara melakukan teknik langkah rapat dengan lebih dulu posisikan badan berdiri tegak, kaki kanan di depan kaki kiri, selanjutnya langkahkan kaki kanan dan kemudian kedua kaki saling di rapatkan. Langkah kaki rapat di lakukan dengan hitungan 1 kanan , hitungan ke 2 kaki kiri dan saat hitungan ke 3 kaki rapat.

C. Langkah Keseimbangan

Untuk langkah keseimbangan, pertama berdiri dengan sikap tegak pada hitungan satu langkahkan kaki yang kiri kedepan. Pada hitungang kedua, kaki kanan menyusul kedepan, namun sebelum kaki kanan menepak (jinjit) kaki kiri di mundurkan dulu dan baru di ikuti kaki kanan merapat.

D. Langkah Depan

Seperti pada teknik dasar lainnya, lebih dulu sikap badan juga tegak. Pada hitungan satu silangkan kaki di muka kaki kanan. Selanjutnya dapat juga di lakukan ke belakang langkah silang ini dengan dilakukan dengan irama 2/4.

2. Gerakan Ayunan Tangan

Senam ini sangat menuntut untuk keserasian gerak antara langkah kaki dan ayunan tangan untuk menghasilkan gerakan yang indah. Dalam senam irama, gerakan ayunan lengan juga terbagi menjadi beberapa bagian.

a. Ayunan satu lengan depan belakang
b. Ayunan satu lengan kesamping bersamaan
c.  Ayunan dua lengan depan belakang
d. Ayunan kedua lengan silang depan di muka badan

Untuk menghasilkan gerakan yang maksimal, pesenam harus memadukan dengan baik antara gerakan langkah kaki dan juga gerakan ayunan lengan, sehingga akan menghasilkan gerakan yang serasi dan juga indah sesuai dengan alunan musik atau lagu yang mengiringi senam tersebut.

Baca juga: gerakan senam aerobik

Unsur-unsur Senam Irama Dan Penjelasannya:

Untuk bisa melakukan gerakan gerakan pada senam ini dengan baik. Pesenam harus bisa atau mampu menguasai beberapa unsur-unsur penting agar gerakannya menjadi lebih  mudah, indah dan terlihat lentur. Adapun beberapa unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut ini.

UNSUR SENAM IRAMA

1. Kelentukan

Seperti di ketahui, gerakan gerakan dalam senam irama sangat membutuhkan kelentukan tubuh. Hal ini bisa dilihat seperti saat melakukan gerakan tangan ke atas, memutar pinggul, atau memutar pergelangan tangan yang terlihat bisa dilakukan dengan mudah.

2. Keseimbangan

Salah satu unsur-unsur yang dibutuhkan dalam senam irama adalah keseimbangan. Hal ini untuk mendukung pada saat melakukan gerakan dengan menggunakan satu kaki atau pada saat beralih gerakan satu kegerakan lainnya. Semua itu tentu membutuhkan keseimbangan badan agar dalam melakukan manuver tidak sampai terjatuh.

3. Keluwesan

Saat melakukan senam irama, seorang pesenam harus terlihat luwes dalam melakukan gerakan gerakannya. Untuk itu seorang pesenam irama dituntut mempunyai keluwesan dalam gerakannya.

4. Fleksibilitas

Seorang pesenam hendaknya harus mempunyai fleksibilitas. Hal ini di maksuda gara gerakan gerakan yang di lakukan selalu cocok dengan tubuh, kelanjutan gerakan itu sendiri dan cocok dengan irama musik yang mengiringinnya.

5. Kontinuitas

Pada dasarnya seorang pesenam harus dapat melakukan gerakan gerakan secara kontinyu mulai dari gerakan awal sena irama hingga gerakan akhir senam irama dengan baik.

6. Ketepatan Dengan Irama

Karena senam ini merupakan senam yang diringi dengan alunan musik atau lagu. Maka gerakan gerakan yang di lakukan juga harus tepat dengan irama yang mengiringinnya. Sehingga bagaimanapun gerakan yang dilakukan tidak kelihatan atau terasa janggal dan juga membuat orang lain yang melihat gerakan gerakannya merasa enak karena tepat dengan irama yang mengiringinnya.

Demikian tadi terkait ulasan gerakan beserta unsur-unsur yang terdapat pada senam irama yang harus mampu di kuasai dengan baik oleh para pesenam irama, terutama yang masih tahap pemula atau belajar.

Biar senam makin asik pakai jersey printing biar kompak. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Bagikan di :