Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Meroda

Bagikan di :

Banyak sekali jenis-jenis atau macam gerakan dalam senam lantai dan salah satunya gerakan meroda. Yang di maksud dengan gerakan meroda adalah gerakan memutar tubuh dari sikap menyamping dengan tumpuan gerakan pada kedua kaki dan tangan.

Atau dalam istilah lainnya, meroda adalah gerakan tubuh yang berguling kesamping seperti gerakan roda. Gerakan ini menggunakan tumpuan kedua kaki dan juga kedua tangan dengan secara bergantian.

Gerakan meroda termasuk salah satu cabang dari senam lantai yang tidak menggunakan alat. Karena memang gerakan ini bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan alat bantu. Seperti juga dalam gerakan senam lantai lainnya, gerakan meroda juga memiliki banyak sekali manfaat tersendiri bagi yang melakukannya. Di antaranya bisa untuk melatih kesimbangan tubuh dan juga bisa untuk meningkatkan kelentukan tubuh. Selain itu, dengan gerakan berputar bisa memperlancar aliran peredaran darah di tubuh dan juga otak.

Untuk bisa melakukan gerakan ini tentunya membutuhkan kekuatan yang lebih, sepeerti terutama pada bagian tangan dan juga kaki. Karena gerakan ini dilakukan dengan melakukan gerakan menyamping dengan tumpuan utamanya adalah terdapat pada telapak tangan dan juga kaki.

Tapi perlu juga untuk diketahui, sebenarnya melakukan gerakan ini tidak sulit dan mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan gerakan lainnya seperti gerakan lompat koprol yang memang terbilang lebih sulit.

Untuk bisa menguasai gerakan ini dengan baik dan benar. Tentunya diperlukan latihan yang serius dan sungguh-sungguh meski sepertinya terbilang cukup mudah. Hal ini selain agar segera mampu menguasai gerakan ini dengan baik dan benar, juga bisa mampu menghindarkan dari beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan meroda.

Lantas bagaimana cara melakukan gerakan meroda yang baik dan benar? Berikut ini ulasannya secara singkat.

sumber gambar: mediamengajar.com

Teknik Dasar Dan Cara Melakukan

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Untuk latihan gerakan ini dapat dilakukan dengan secara bertahap, yaitu dari melakukan satu kaki. Dan selanjutnya apabila sudah merasakan baik, dapat untuk ditingkatkan menjadi beberapa kali gerakan, yaitu sebagai berikut ini:

1. Sikap awal berdiri tengak menyamping, dengan kedua kaki dibuka sedikit lebar. Kedua  tangan lurus ke atas serong kesamping (seperti huruf V) dan pandangan fokus ke depan.
2. Selanjutnya jatuhkan badan dengan kesamping kiri, letakan telapang tangan ke samping kiri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Kemudian disusul dengan meletakan telapak tangan di samping tangan kiri.
3. Saat kaki kanan diayunkan, maka  kaki kiri ditolak pada lantai sehingga posisi kedua kaki terbuka dan serong ke samping.
4. Letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, selanjutnya tangan kiri akan terangkat dengan disusul melatakkan kaki kiri di samping kanan.
5. Badan terangkat , kedua lengan lurus ke atas posisi semula.

Catatan: Untuk cara melakukan gerakan yang di ulas diatas, dilakukan ke samping / sisi bagian kiri. Tapi jika ingin melakukan gerakan meroda kesamping kanan bisa juga dilakukanan dengan sebaliknya.

Baca juga: cara melakukan olahraga back up

Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan

Dalam melakukan gerakan ini, sering dilakukan beberapa gerakan yang masih salah. Sehingga tidak bisa membuat gerakan meroda menjadi sempurna. Adapun beberapa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan pada saat melakukan gerakan meroda, antara seperti yang disebutkan berikut ini:

– Lemparan kaki terlalu kuat.
– Gerakan lemparan kaki membusur ke arah depan, padahal seharunya ke arah atas.
– Penempatan tangan pertama di lantai terlalu dekat dengan kaki tolak.
– Kedua siku dibengkokan.
– Sikap badan masih kurang melenting.
– Sikap kepala kurang menengadah saat kedua tangan bertumpu dilatai.
– Penempatan kaki terakhir yang mendarata terlalu dekat dengan kaki pertama mendarat di lantai.

Baca juga: melakukan gerakan sikap lilin

Demikian tadi ulasan dan penjelasan terkait teknik dasar dan cara melakukan gerakan meroda dalam senam lantai, yang juga sudah dilengkapi dengan cara menghindari dari kesalahan-kesalahan saat melakukan gerakan. Untuk bisa menguasai gerakan dengan baik dan benar, tentunya perlu dilakukan latihan yang serius dan konsisten. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan salam olahraga.

Bagikan di :