Cara Melakukan Gerakan Roll Belakang

Bagikan di :

Roll belakang – Materi yang akan di bahas kali terkait beberapa gerakan yang biasa di lakukan dalam olahraga senam lantai. Dan di antara jenis gerakan yang biasa di lakukan dalam senam lantai yaitu gerakan roll yaitu menggulingkan badan. Gerakan roll ini sendiri juga terbagi menjadi dua yakni gerakan roll depan dan gerakan roll kebelakang.

Untuk yang akan di bahas kali terkait teknik dasar gerakan roll atau guling belakang dalam senam lantai. Gerakan ini mungkin terdengar sangat sederhana atau juga malah mengasyikan. Akan tetapi, dalam pelaksaan gerakan roll belakang, harus lebih dulu mempelajari teknik teknik dasarnya lebih dulu agar nantinya terhindar dari cedera yang tak di inginkan.

Sebelum belajar teknik dasar gerakan roll belakang, perlu di ketahui gerakan ini terbagi menjadi tiga yakni gerakan metode umum, gerakan perserorangan dan gerakan berpasangan. Dan berikut ulasan satu persatu dari gerakan tersebut.

Teknik-Dasar-Cara-Melakukan-Gerakan-Roll-Atau-Guling-Belakang-

Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Roll Atau Guling Belakang

1. Gerakan Secara Umum

Secara umum gerakan ini di mulai dengan posisi jongkok dan kedua tangan di depan dan sedikit kaki merapat. Selanjutnya posisikan kepala dengan di tundukan dan kaki menolak ke posisi arah belakang.

Pada saat bagian pinggul mengenai matras, dua tangan di lipat kesamping telinga atau dengan telapak tangan menghadap keatas. Setelah telapak tangan menolak maka segera ayunkan kaki kebelakang dengn melewati kepala. Dalam cara melakukan gerakan roll belakang, pada senam lantai ini, dua kaki dilipat hingga ujung kaki mendarat d atas matras lalu ke sikap jongkok seperti semula.

2. Gerakan Perseorangan

Cara melakukan gerakan di mulai lebih dulu dengan sikap tegap dan kedua tangan di angkat lurus ke atas berbentuk huruf V. Setelah itu luruskan pandangan mata ke depan, lali ikuti dengan menekuk dua lutut sampai posisi setengah jongkok dan tangan dalam posisi lurus ke depan.

Selanjutnya gulingkan badan ke belakang dan posisi tangan sudah siap untuk menyanggah serta memberikan dorongan maksimal ke belakang. Pada saat berguling, posisi kaki harus lurus hingga dijatuhkan jauh di atas kepala hingga keposisi berdiri.

Baca juga: gerakan sikap lilin

3. Gerakan Berpasangan

Untuk melakukan gerakan ini karena berpasangan harus memperhatikan beberapa hal terutama kekompakan. Pertama tama orang pertama dalam posisi berdiri, sementara orang kedua terlentanga dangan posisi di angkat ke atas .

Selanjutnya orang pertama harus memegang dua mata kaki orang kedua. Kemudian orang pertama menarik dengan sekuat mungkin agar mendapat dorongan untuk berguling ke belakang. Lalu gulingkan terus menerus.

Beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam gerakan roll belakang seperti kedua tangan yang bertumpu tidak sempurna, tumpuan tidak kuat dan saat berguling keuda tangan tidak bertolak. Demikian ulasan singkat terkait gerakan roll / guling belakang pada senam lantai. Smoga bermanfaat dan salam olahraga.

 

Info layanan: Jersey Printing Olahraga

 

Bagikan di :