Teknik Dasar Kiper Sepakbola Dan Tips Menepis Penalti

Bagikan di :

Dalam permainan sepakbola seorang kiper sepakbola biasa juga di sebut sebagai penjaga gawang. Karena memang tugas seorang kiper yang paling utama adalah menjaga gawangnya agar tidak kebobolan atau kemasukan gol dari pihak lawan.

Tentu saja peran ini sangat krusial dan mengemban tanggung jawab yang besar. Terlebih kiper merupakan orang terakhir di garis pertahanan. Untuk itu tenya tak mudah untuk menjadi seorang kiper yang tangguh.

Dan bagi anda yang mungkin tertarik untuk menjadi seorang kiper dalam bermain sepakbola. Sebaiknya mengetahui dulu teknik teknik dasar yang harus di pelajari dan dikuasai. Agar nantinya mampu menjadi seorang kiper yang tidak mudah kebobolan dan bisa di andalkan tim.

Untuk teknik dasar menjadi kiper dalam sepakbola akan di ulas secara gamblang dalam artikel ini. Berikut teknik dasar yang harus di kuasai seorang kiper sepakbola.

1. Penglihatan Tajam

kiper sepakbola
Salah satu kemampuan yang harus di miliki seorang kiper adalah penglihatan tajam. Karena dengan memiliki penglihatan yang tajam akan sangat berguna dan membantu kiper menjaga gawangnya, terutama dalam membaca gerakan lawan, arah bola yang datang dan mengetahui jalannya pertandingan. Terlebih lapangan sepakbola tergolong sangat luas dan sewaktu waktu saja pihak lawan melakukan tembakan jarak jauh yang mengejutkan.

2. Keberanian

Teknik berikutnya yang harus di kuasai seorang kiper harus memiliki kebenarian. Ya karena dalam setiap pertandingan pasti seorang kiper akan memiliki tantangan yang cukup besar, salah satunya adalah tantangan cidera. Karena pada situasi tertentu seorang kiper kadang harus jatuh bangun mengamakan gawangnya dengan susah payah dengan berbagai upaya yang di lakukan.

3. Dertiminasi

Dertiminasi merupakan juga bagian dari teknik dasar kiper sepakbola yang harus di kuasai dengan baik. Dalam hal ini yang di maksud mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Hal ini tak lepas dengan sepakbola yang merupakan permainan dengan itensitas yang cepat dan tinggi. Jadi seorang kiper harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam situasi tertentu, terutama saat mendapat serangan tak terduga.

4. Penempatan Posisi

Penempatan posisi juga bisa menjadi peranan sangat penting bagi kiper dalam upayanya menjaga gawangnya dari kebobolan. Dengan penempatan posisi yang baik, tentunya bisa menutup ruang yang maksimal bisa di jangkau dalam mengamankan gawangnya. Bila seorang kiper penempatan posisinya terbilang kurang baik, tentu akan sangat menguntungkan kubu lawan dalam mencari ruang kosong dalam gawang yang sulit di jangkau kiper untuk upaya mencetak golnya.

5. Refleks

Teknik selanjutnya yang juga sangat krusial dan harus di kuasai seorang kiper yakni memiliki gerak refleks yang bagus. Karena pada situasi tertentu kadang akan mendapat serangan dan tembakan bola ke gawang dari lawan secara tak terduga dan susah di prediksi. Gerak refleks ini jelas akan sangat krusial bagi kiper untuk mengagalkan bola yang akan masuk kegawangnya.

Baca juga: cara menendang bola agar melambung

Cara Menebak Dan Menepis Tendangan Penalti

Dalam pertandingan sepakbola yang di mainkan secara tim. Setiap pemain yang berada di atas lapangan tentunya memiliki peranan dan tanggung jawab yang sama pentingnya di setiap posisinya. Jadi tidak boleh untuk menganggap remeh terkait hal ini, karena jika tidak mampu menjalankan peranan dan mengemban tanggung jawab dengan baik bisa berdampak sekali pada tim Anda.

Dan salah satu kunci untuk meraih kemenangan dalam pertandingan sepakbola juga di tentukan oleh seorang kiper. Karena pemain ini menjadi tembok terakhir dalam menjaga gawangnya.

Untuk itu, tentunya akan sangat penting sekali bagi seorang kiper untuk mempelajari cara menebak dan menepis tendangan pinalti dalam permainan sepakbola. Seperti diketahui, tugas kiper sangatlah berat karena menjadi tembok terakhir dalam pertahanan timnya.

Terlebih jika sampai terjadi tendangan pinalti, tentunya akan makin menambah tekanan bagi kiper. Maka dari itu, seorang kiper perlu untuk mempelajari cara menebak dan menepis untuk menggagalkan tendangan 12 pas atau pinalti dari pihak lawan.

Dalam sebuah pertandingan, tentunya sulit untuk memprediksi atau memperkirakan hasil pertandingan. Terlebih dalam turnamen internasional yang memakai laga tandang dan kandang dengan sistem perhitungan agregat gol jika kedudukan jumlah gol sama kuat. Untuk menentukan pemenangnya bisa lewat adu pinalti yang terpaksa di tempuh bila opsi di perpanjangan waktu masih sama kuat.

Selain itu, pinalti juga bisa saja terjadi dalam pertandingan normal semisal pemain tim kita melakukan  pelanggaran di area kotak pinalti sendiri, yang membuat wasit akan memberikan hadiah pinalti bagi lawan. Selain itu terkadang adu pinalti juga di lakukan dalam turnamen resmi yang menggunakan sistem gugur, setelah melewati fase group hingga babak final seperti UERO atau ajang piala dunia.

Saat menghadapi moment tendangan pinalti, tentunya seorang kiper memiliki cara yang berbeda beda dalam upayanya untuk menebak arah bola dan menepisnya. Dalam situasi ini skill dan keberuntungan seorang kiper sangat di butuhkan. Dan berikut ini tips cara menebak dan menepis tendangan pinalti bagi kiper dalam permainan sepakbola yang mungkin bisa di pelajari dan dikuasai dengan baik.

1. Perhatikan Mata Penendang

Ketika menghadapi tendangan pinalti, hal pertam yang bisa di lakukan serang kiper adalah dengan mengamati mata dari penendang. Karena biasanya penendang akan melihat ke arah mana yang akan di tuju. Dengan mengamati pandangan mata penendang, bisa di jadikan salah satu opsi untuk menebak arah bola yang akan datang. Karena apa? karena kadang pula seorang penendang juga mengarahkan bola ke arah berlawanan dengan posisi pada gawang yang di lihatnya.

2. Memperhatikan Gerak Tubuh

Cara berikutnya yang bisa di lakukan seorang kiper saat menghadapi moment tendangan pinalti denga melihat gerak tubuh dari penendang. Karena jika penendang berada di posisi samping kiri atau kanan bola, biasanya bola akan di arahkan ke sisi sudut gawang.

Tetapi jika penendang berada lurus ke depan, maka akan sulit untuk memperkirakan arah bola yang akan di tuju. Akan tetapi, kebanyakan para penendang akan condong dari samping. Dan hal ini bisa di jadikan opsi atau referensi dalam membaca arah bola yang akan  datang.

3. Melihat Gerak Kaki

Cara ini merupakan lanjutan dari cara sebelumnya, karena pada dasarnya melihat gerak kaki lawan hampir sama dengan cara sebelumnya yang telah di ulas. Biasanya seorang penendang akan mengandalkan kaki terkuatnya saat mengeksekusi tendangan pinalti, dan posisi tubuh mereka juga akan sangat membantu guna membaca tujuan arah bola yang akan di ekseksusi atau di tendang.

Untuk cara ini nampaknya butuh ketelitian yang tinggi. Untuk itu perlu berlatih secara rutin agar bisa menguasai dan menerapkannya dengan baik.

4. Membaca Arah Bola

Cara ini di nilai bisa menjadi salah satu cara yang paling berisiko. Karena saat menerapkannya, kita di tuntut untuk memiliki gerak refleks yang cepat dan bagus serta akurat. Karena pada dasarnya, bola yang di tendang akan sulit untuk bisa di prediksi arahnya.

Untuk itu, bagi yang memiliki gerak refleks cepat dan bagus, Anda bisa mengambil resiko ini saat menghadapi situasi tendagan pinalti. Selain itu, yang di butuhkan untuk mengeblok bola tendangan pinalti dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

5. Menggunakan Insting

Ini merupakan salah satu cara yang bisa di terapkan untuk membaca dan menepis tendangan pinalti dari lawan. Mungkin bagi seorang kiper yang sudah berpengalaman atau sudah sering menghadapi tendangan pinalti, sudah bisa membaca arah bola dengan menggunakan insting yang tajam. Karena bagi yang masih pemula, terkadang ada rasa ragu ragu dalam mengambil keputusan saat menghadapi tendangan pinalti.

Untuk itu jika Anda ingin menjadi seorang kiper yang profesional, maka Anda tidak perlu ragu lagi dan yakin dengan keputusa yang akan di ambil. Dan satu lagi, Anda tidak boleh meremehkan insting yang bekerja langsung di otak pada alam bawah sadar Anda.

Demikian tadi beberapa cara menebak dan menepis tendangan pinalti dalam permainan sepakbola yang bisa Anda pelajari dan kemudian kuasai dengan baik. Selain itu, dengan bisa menggagalkan tendangan pinalti, seorang kiper telah menambah mentalitas rekan satu timnya untuk menjadi lebih tinggi. Smoga artikel ini bermanfaat terutama bagi kamu yang bermain sebagai kiper. Terima kasih dan salam olahraga.

Bagikan di :