Teknik Mengontrol Bola Datar Dan Lambung Permainan Sepakbola

Bagikan di :

Dalam pertandingan sepak bola, setiap pemain hendaknya mampu menguasai berbagai teknik, seperti saat mengontrol atau menghentikan bola dalam permainan sepakbola. Untuk bisa melakukan kontrol bola memang harus dibarengi dengan teknik yang tepat dan benar, sehingga permainan sepakbola akan jauh terlihat lebih menarik.

Untuk itu, teknik mengontrol bola atau menghentikan bola hendaknya mampu dikuasai dengan baik oleh setiap pemain di posisi apapun. Terlebih untuk mengontrol atau menghentikan bola dalam permainan sepakbola terdapat beberapa variasi dan berikut penjelasannya.

Cara Mengontrol Atau Menghentikan Bola

1. Mengontrol  Bola Atau Menghentikan Dengan Telapak Kaki

Teknik-Dasar-Mengontrol-Atau-Menghentikan-Bola-Dalam-Permainan-Sepakbola-1

Mengontrol atau menghentikan bola dengan telapak kaki dilakukan dengan cara memposisikan diri pada wilayah yang tepat dan juga menghadap pada arah bola yang datang. Kemudian buka kaki bagian dalam hingga menghadap keluar, lalu kontrol perlahan setelah menyentuh kaki dan hentikan bola.

2. Mengontrol  Bola Atau Menghentikan Dengan Punggung Kaki

Teknik-Dasar-Mengontrol-Atau-Menghentikan-Bola-Dalam-Permainan-Sepakbola-1

Untuk melakukan teknik ini, terlebih dahulu posisikan diri dahulu sambil menunggu datangnya bola, kemudian kaki bagian luar disiapkan dan posisi badab agak condong kedepan kemudian bola menyentuh kaki dan hentikan.

3. Mengontrol  Bola Atau Menghentikan Dengan Paha

Teknik-Dasar-Mengontrol-Atau-Menghentikan-Bola-Dalam-Permainan-Sepakbola-1

Untuk melakukan cara ini, terlebih dahulu mengamati bola yang datang dari udara, posisikan badan dan tempatkan tubuh tepat dibawah datangnya arah bola. Kemudian angkat kaki yang akan digunakan untuk menehan bola dan tekuk bagian lutut. Saat bola menyentuh paha lakukan usaha tarikan agar hantaman bola bis distabilkan dan usahakan agar posisi tubuh selalu dalam keadaan yang seimbang.

4. Mengontrol  Bola Atau Menghentikan Dengan Perut

Teknik-Dasar-Mengontrol-Atau-Menghentikan-Bola-Dalam-Permainan-Sepakbola-1

Untuk bisa melakukan teknik ini, terlebih dahulu membuat ancang ancang atau posisi tubuh condong kebelakang , kedua tangan bergerak tepat disamping perut untuk menahan hantaman. Selanjutnya perut sedikit dikeraskan sebelum menerima bola dari arah udara, tetap tahan perut hingga bola terjatuh ke tanah dan kemudian lakukan usaha untuk menguasai bola.

5. Mengontrol  Bola Atau Menghentikan Dengan Dada

Teknik-Dasar-Mengontrol-Atau-Menghentikan-Bola-Dalam-Permainan-Sepakbola-1

Bisa dikatakan teknik cara ini yang paling populer karena sering dilakukan. Caranya dengan membuat posisi tubuh condong kebelakang, dada dibuka lebar dan manual sedikit untuk menjemput bola diarah datangnya bola. Kemudian tahan bola didada lalu jatuhkan bisa kepaha atau kaki bagian dalam atau juga bisa langsung ke tanah.

Baca juga: cara bikin jersey bola keren

Teknik Dasar Mengontrol Bola Lambung

Teknik mengontrol bola lambung dalam permainan sepakbola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang wajib dipelajari. Karena teknik ini bisa digunakan untuk saat menerima operan bola dari teman sehingga kita bisa langsung mencetak gol atau juga berfungsi untuk mengoperkan bola kembali kepada rekan satu tim.

Mengontrol-Bola-Lambung

Untuk cara melakukan teknik ini memang cukup beragam, bisa menggunakan kepala, kaki, dada atau juga paha. Untuk itu tentunya sebaiknya semua teknik atau cara ini mampu dikuasai dengan sama baiknya. Karena apa? kita tidak bisa menerka bola lambung yang akan datang pada kita sebaiknya di kontrol menggunakan bagian tubuh yang mana.

Setiap teknik atau cara mengontrol bola lambung yang datang baik menggunakan kepala, kaki, dada atau paha tentunya memiliki cara yang berbeda beda, untuk lebih jelasnya sebaiknya kita simak penjelasannya sebagai berikut ini.

1. Mengontrol Bola Lambung Menggunakan Kepala

Mengontrol-Bola-Lambung

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengontrol bola lambung dengan menggunakan bagian kepala. Dan biasanya teknik ini bisa digunakan untuk mengontrol bola lambung yang datang dari arah yang cukup tinggi, sehingga bisa dikontrol menggunakan kepala.

Cara melakukannya, terlebih dahulu fokus padangan pada arah bola, lalu hentikan bola dengan menggunakan kepala sambil tarik badan dan kepala dengan agak kebelakang untuk menyeimbangkan tubuh lalu arahkan bola ke bawah dan selanjutnya bisa digiring dengan menggunakan kaki.

2. Mengontrol Bola Lambung Dengan Telapak Kaki

Mengontrol-Bola-Lambung

Untuk cara melakukan kontrol bola lambung dengan telapak kaki adalah dengan terlebih dahulu fokus pada arah datangnya bola. Tumpukan berat badan pada salah satu kaki dengan tangan terbuka dan kaki siap menerima bola.

Selanjutnya tahan bola yang datang dengan menjulurkan kaki tumpuan ke depan. Tahap bola diantara telapak kaki dan tanah dengan menggunakan tumit telapak kaki dengan ujung-ujung jari menghadap ke udara.

3. Mengontrol Bola Dengan Kaki Sebelah Dalam

Mengontrol-Bola-Lambung

Adapun untuk cara melakukan kontrol bola lambung dengan kaki sebelah dalam adalah dengan terlebih dahulu berdiri dengan menghadap ke arah datangnya bola. Buka kaki dengan selebar bahu dan condongkan agak kedepan.

Tumpukan berat badan pada salah satu kaki, sementara satu kaki lainnya bersiap untuk menyambut datangnya bola. Selanjutnya arahakan lutut dan kaki kearah luar datangnya bola.

Dan ketika bola telah menyentuh kaki bagian dalam, tahan di tengah kaki lalu bisa untuk di operkan kepada teman atau bahkan langsung di tendang ke gawang lawan untuk mencoba mencetak gol.

4. Mengontrol Bola Dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

Mengontrol-Bola-Lambung
Tidak hanya menggunakan kaki bagain dalam saja yang bisa untuk mengontrol bola lambung. Namun juga bisa menggunakan kaki bagian luar. Teknik mengontrol bola lambung dengan kaki bagian luar digunakan saat bola datang dari arah samping atau dengan ketinggian bola berada di atas tanah.

Adapun untuk cara melakukannya, pertama berdiri tegak dengan posisi salah satu kaki berada di bagian kiri. ketika bola sudah datang, segera putra kaki ke arah luar lalu tahan bola dari samping ataupun depan.

5. Mengontrol Bola Lambung Menggunakan Dada

Mengontrol-Bola-Lambung

Adapun untuk cara melakukannya, pertama berdiri tegak dengan menghadap serarah dengan bola yang akan datang. Dan ketika bola datang dan menyentuh dada, maka busungkan dada dengan sedikit maju kedepa dan tekukan kaki kebelakang untuk menjaga keseimbangan.

Baca juga: cara menendang bola agar melambung

6. Mengontrol Bola Lambung Menggunakan Paha

Mengontrol-Bola-Lambung

Cara ini bisa dilakukan ketika bola yang datang sejajar dengan paha. Pertama fokus pada arah datangnya bola. Selanjutnya ketika bola sudak mendekat, angkat paha dengan menekukkan kaki ke atas dan tangkap bola dengan paha bagian dalam. Kemudian gunakan kaki lain untuk menjaga posisi keseimbangan tubuh.

Demikan tadi ulasasan singkat teknik dasar sepak bola cara menggontrol bola. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Bagikan di :