Teknik Menyundul Bola / Heading Dalam Permainan Sepak Bola

Bagikan di :

Teknik menyundul bola – Di dalam permainan sepakbola, setiap pemain tentunya harus mampu menguasai teknik menyundul bola dengan baik agar tidak gagal atau meleset saat melakukannya. Pentingnya terkait menyundul bola atau juga di kenal dengan istilah heading memang tak bisa di anggap remeh oleh semua pemain.

Karena lewat sundulan bola, bisa saja kita menyetak gol yang berujung kemenangan, atau juga untuk bisa menghalau bola dari serangan lawan. Dan biasanya menyundul bola banyak di lakukan dalam situasi sepak pojok atau tendangan penjuru. Terutama saat mencoba memanfaatkannya untuk mencetak gol. Namun pada saat saat tertentu menyudul bola atau melakukan heading juga bisa di lakukan untuk merebut atau menguasai bola yang di umpan dalam posisi tinggi.

teknik menyundul bola

Memang tidak bisa di pungkuri jika salah satu kelemahan dari teknik menyundul bola ini bisa bikin sakit di bagian kepala. Atau yang lebih parah resiko gagar otak jika sampai salah sasaran dan kemudian membentur kepala lawan saat sama sama ingin menyundulnya. Yang akhirnya mungkin membuat beberapa pemain sebisa mungkin untuk menghindari untuk menyundul bola atau heading ketika bermain sepakbola.

Untuk itu tentunya perlu di perhatikan beberapa hal yang harus di kuasai dan di perhatikan dengan baik saat akan menyundul bola. Tujuannya jelas agar tidak meleset, sundulan bisa tepat sasaran yang di tuju dan yang tak kalah penting tentu bisa terhindar dari cidera yang tak di inginkan. Dan berikut tipsnya yang harus di kuasai lebih dulu.

Teknik Menyundul Bola

teknik menyundul bola

1. Menyundul Bola Dengan Berdiri

– Sikap badan dan pandangan kearah bola yang akan disundul, sementara kedua kaki di buka ke samping atau kangkang kedepan agar kekuatan menyundul bola bisa dilakukan dengan maksimal.
– Tarik badan sedikit kebelakang dengan posisi agak sedikit melenting.
– Kedua lengan terbuka dan siku di tekuk untuk mengimbangi badan, sementara leher ditegangkan dengan padangan fokus menuju ke arah bola yang akan disundul.
– Gerakan badan ke arah depan dengan menuju bola dan selanjutnya sundul bola dengan tepat dibagian dahi.

2. Menyundul Bola Dengan Melompat

– Posisikan badan di bawah lambungan bola, kedua kaki dalam posisi yang sejajar dan pada saat bola turun segera ambilah tolakan.
– Meloncat ke arah bola dengan sedikit melenting dan tangan di buka ke samping dan siku bengkok.
– Gunakan dahi untuk menerima jatuhnya bola dan kemudian lakukan sundulan hingga bola kembali bisa memantul ke depan dan pada saat itu kaki kemudian di tekuk.

3. Menyundul Bola Dengan Cara Menjatuhkan Badan / Melayang

– Badan mengarah ke sasaran dengan pandangan mengawasi bola yang akan melayang. Selanjutnya sikap badan condong ke depan dan lutut di tekuk.
– Pada saat bola meluncur dari arah yang berlawanan, lari dan lompat ke depan dan melayang sejajar dengan tanah dan sundulah bola dengan menggunakan dahi agar bisa akurat.
– Pada saat posisi mendarat, tangan bertumpu pada tanah dengan sambil meluncur di lapangan.

Tips Dalam Menyundul Bola Dengan Baik

– Ancang Ancang

Untuk pemain yang memiliki tinggi di atas rata rata tentu akan lebih mudah dalam mencoba menyundul bola. Namun bagi pemain yang bertubuh pendek tentu akan sedikit mengalami kesulitan dan mungkin akan mengeluh karena merasa peluangnya akan tipis. Untuk itu perlu di lakukan dengan mengambil ancang ancang lebih dulu agar tidak kalah atau gagal saat menyudul bola.

Dan dengan ancang ancang bisa mengkompensasi kekurangan tinggi badan yang mereka miliki. Oleh karena itu, ambilah ancang ancang dengan berlari agar bisa melompat tinggi sebelum lawan bisa mengambil bola lebih dulu

Latihan Melompat

Semakin tinggi pemain saat bisa melompat, tentunya akan semakin besar peluangnya untuk bisa menyundul bola dengan baik. Untuk itu latihlah keahlian melompat Anda dengan cara lompat turun dari box beberapa kali. Setelah itu kemudian berlatihlah untuk menguatkan bagian kaki dengan cara squat, deadlifts dan jug lunges.

Kerahkan seluruh kemampuan dan tekat Anda untuk melompat agar bisa maksimal. Anda kemudian bisa kaget ketika tahu bisa melompat sangat tinggi dari yang di perkirakan. Karena saat melompat memiliki tekad yang kuat untuk bisa melompat tinggi dari pemain lain.

– Gunakan Tangan Anda

Anda bisa menggunakan tangan untuk menciptakan ruang antara Anda dengan pemain lawan yang sama sama akan mencoba melakukan menyundul bola atau heading. Sering kali kita melihat di pertandingan, terlihat ada pemain yang mendorong jatuh pemain lawan pada saat sama sama akan menyundul bola. Dan cara ini bisa di lakukan siapa saja dalam situasi yang sama, namun sebaiknya Anda berpikir lebih jauh mengenai teknik mendorong pemain dalam situasi ini.

Baca juga: cara mengontrol bola yang melambung

Cara Menyundul / Heading Agar Tidak Merasa Takut

Setelah Anda mempelajari dan mengetahui beberapa tips yang sebaiknya di kuasai dan tentunya akan berguna saat akan menyundul bola. Maka sebaiknya Anda juga mengetahui  cara menyundul bola dengan baik. Dan berikut ulasan singkatnya.

1. Lihat Posisi Bola Dengan Baik

Biasanya pemain yang takut untuk menyundul bola atau melakukan heading akan memalingkan padangannya dari bola. Padahal kalau kita memalingkan wajah, justru resiko luka atau terkena cidera lebih tinggi, karena tidak melihat dari arah mana bola berasal. Oleh karena itu, sebaiknya buka mata Anda dan kemudian melihat arah gerakan bola saat Anda bersiap siap hendak melakukan heading atau menyundul bola  dan juga pada saat heading.

2. Jejakan Kaki Dengan Mantap

Posisi jinjit atau melentingkan badan ke belakang dengan bertumpu pada tumit akan mengurangi kekuatan sundulan dan menjadi tidak maksimal. Sebaiknya jejakan kaki Anda dengan mantap di tanah saat melakukan heading.

Baca juga: ukuran lapangan sepakbola

3. Tekuk Lutut

Tekuk sedikit kedua lutut Anda. Karena dengan menekuk lutut akan membantu Anda menjaga keseimbangan dan bisa mencipatkan momentum yang tepat saat melakukan heading.

4. Lentingkan Badan

Lentingkan badan Anda kebelakang untuk menciptkan momentum saat heading seperti gaya momentum yang sama dengan kaki yang diangkat kebelakang sebelum menendang bola.

5.  Loncat

Saat akan melakukan meloncat, sebaiknya jejakan kaki Anda dalam dalam pada tanah. Selanjutnya dorong tanah dengan mantap agar anda bisa melompat lebih tinggi lagi dan maksimal agar mampu menjangkau bola sasaran.

6. Sundul Bola Dengan Cepat

Semakin cepat Anda menyundul bola, kekuatan sundulan akan semakin besar pula. Sebaiknya gunakan bagian tengah jidat saat menyudul bola atau melakukan heading. Karena bagian inilah yang paling keras di antara organ organ lainnya di bawah.

Baca juga: hasil produksi jersey bola printing

Demikian tadi ulasan terkait beberapa tips dan teknik dasar dalam melakukan heading atau menyundul bola dalam permainan sepakbola. Tentunya di butuhkan latihan yang serius agar mampu di kuasai dengan baik dan juga untuk menghindarkan dari hal hal atau cidera yang bisa saja terjadi atau tak di inginkan. Smoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang teknik bermain sepakbola.

Bagikan di :