Pengertian Dan Cara Melakukan Passing Dalam Sepakbola

Bagikan di :

Yang di maksud passing dalam sepak bola adalah teknik mengoper atau memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain dalam satu satu dalam permainan sepakbola. Untuk itu, teknik passing harus mampu dipelajari dan dikuasai oleh semua pemain sepakbola di posisi manapun. Karena kemampuan passing ini juga akan menentukan lancar atau tidaknya pola permainan yang sedang di mainkan.

Dalam permainan sepakbola, terdapat 3 macam jenis passing yang semuanya juga harus mampu dikuasai dengan sama baiknya. Karena pada situasi tertentu, kita teknik cara mengopernya juga akan berbeda-beda pula, yaitu dengan passing dengan kaki bagian luar, passing dengan kaki bagian dalam dan passing dengan menggunakan punggung kaki atau kura-kura.

latihan passing

Cara Melakukan Passing Dalam Permainan Sepak bola

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa ada tiga macam jenis passing dalam permainan sepakbola, dimana tiap teknik memiliki cara melakukan atau tekniknya juga berbeda-beda pula. Dan berikut penjelasan secara singkatnya.

1. Passing Dengan Kaki Bagian Dalam

Adapun cara melakukan passing dengan menggunakan kaki bagian dalam adalah berikut ini:
– Kaki ditumpu pada samping sejajar dengan bola, kemudian lutut di tekuk.
– Kaki sepak membentuk sudut 90 derajat dengan kaki tumpu.
– Posisi badan dibelakang bola dengan posisi sedikit tegak.
– Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun kedepan.
– Saat perkenaan mata melihat bola dan meneruskan padandangan pada sasaran.
– Setelah menendang ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through.

2. Passing Dengan Punggung Kaki / Kura-Kura Kaki

Adapun cara melakukan passing dengan menggunakan punggung kaki / kura-kura kaki adalah sebagai berikut:
– Kaki ditumpu pada sejajar dengan bola, kaki lurus kebelakang.
– Kaki sepak membentuk 30 derajad dengan kaki tumpu.
– Posisi badan dengan sedikit condong kedepan.
– Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun kedepan.
– Pada saat mengenai perkenaan bagian punggung kaki, mata melihat bola dan kemudian meneruskan pada sasaran yang akan dituju atau teman satu tim.
– Setalah menendang ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through

Baca juga: teknik menendang bola dan latihan akurasi

3. Passing Dengan Kaki Bagian Luar

Adapun cara melakukan passing dengan menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut ini:
– Kaki di tumpu pada samping sejajar dengan bola, sementara posisi kaki lurus kebelakang.
– Kaki sepak membentuk sudut 30 derajad dengan kaki tumpu.
– Posisi badan sedikit condong ke depan.
– Tendangan dimulai dari menarik kaki dan mengayun kedepan.
– Pada saat bola mulai mengenai perkenaan kaki bagian luar, padangan tertuju pada bola dan meneruskan padangan pada sasaran yang akan dituju.
– Setelah menendang ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through.

Baca juga: teknik mengecoh lawan 1 vs 1

Tips Dan Cara Melakukan Passing

Jika para pemain dalam tim mampu melakukan passing passing atau operan operan dengan baik. Tentunya akan sangat berguna dalam upaya penguasaan bola dan menguasai jalannya pertandingan. Tugas ini biasa di emban para pemain gelandang bertahan yang merupakan penghubung antar lini.

Tentunya kemampuan passing tiap pemain berbeda beda. Untuk itu perlu di lakukan latihan yang serius dan rutin terutama bagi yang masih tahap pemula, agar segera mampu di kuasai dengan baik. Untuk itu tentunya perlu di lakukan secara bertahap caranya seperti dalam ulasan berikut ini.

Tips Dan Teknik Melakukan Passing Dalam Sepak Bola :

1. Tahapan pertama dalam upaya melakukan passing, posisikan badan dengan baik ke arah yang di tuju. Dengan kata lain menghadap ke rekan satu tim dan mampu melihat posisinya dengan baik untuk mengukur akurasi tendangan.

2. Tarik kaki yang mau di gunakan untuk mengumpan ke belakang, karena dengan menarik ke kebelakang berguna untuk menentukan seberapa jauh bola yang akan di umpan. Selain itu juga berguna dalam mengotrol kekuatan tendangan yang akan di lepas.

3.Ketika sedang mengumpan mengunakan kaki bagian dalam. Karena dengan menggunakan kaki bagian dalam bisa lebih akura dalam menendang di banding menggunakan kaki bagian kiri.

4. Di perlukan gerak lanjutan, agar tidak membosankan, biasanya pemain akan menggunakan gerakan lanjutan atau follow throw. Dengan kata lain, untuk membuat gerakan yang tidak kaku dan menghasilkan gerakan yang indah dan enak untuk di lihat. Dan ini juga tergantung dari skill individu tiap pemain sendiri yang menentukan

Nah demikian tadi terkait pengertian dan cara melakukan passing dalam permainan sepakbola. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga. Baca juga tentang cara membikin seragam bola agar latihanmu kompak.

Bagikan di :