Latihan Cara Lari Cepat Dalam Sepakbola Agar Meningkat

Kemampuan lari sprint / cara lari cepat dalam sepak bola sangat dibutuhkan dalam permainan sepakbola baik untuk menyerang maupun bertahan. Untuk itu, hendaknya setiap pemain sepakbola diposisi manapun memiliki kemampuan lari sprint , agar pada situasi tertentu saat dibutuhkan, mampu melakukannya dengat baik dan benar.

Lantas apa yang dimaksud dengan lari sprint dalam permainan sepakbola? Lari sprint adalah lari dengan kecepatan yang tinggi dan hanya dilakukan dalam waktu singkat untuk meningkatkan daya ledakan ketika menendang bola. Dan biasanya bisa kita lihat saat para pemain mencoba memasuki pertahanan lawan untuk menyambut umpan dari rekannya dalam upaya mencetak gol.

Untuk bisa melakukan lari sprint dengan baik bagi pemain sepakbola, tentu dibutuhkan beberapa jenis latihan yang bisa untuk meningkatkan kemampuan gerak larinya, seperti yang akan di ulas berikut ini.

Tips Latihan Meningkatkan Kemampuan Lari Cepat Untuk Pemain Sepakbola:

– Lari cepat (Sprint) dengan jarak sekitar 40-60 meter.
– Berlatih lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Bisa dari lari dengan gerak lambat kemudian tiba-tiba dipercepat, diperlambat dan dipercapat lagi).
– Lari sprint secara berulang-ulang sampai lima kali dengan jarak sekitar 10 meter.
– Lari sprint secara berulang-ulang sampai tiga kali dnegan jarak sekitar 20 meter.
– Lari sprint secara berulang-ulang sampai dua kali dengan jarak sekitar 25 meter.
– Lari menaiki tangga.
– Lari naik turun perbukitan atau pegunungan.

Untuk bisa memperbaiki kemampuan lari sprint bagi pemain sepakbola, bisa juga dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut ini:

1. Bertumpu Pada Bola Kaki

Cobalah untuk berlari tanpa menggunakan alasa kaki dan bertumpu pada bola kaki. karena hal ini akan membantu untuk meningkatkan kecepatan lari.

2. Perbanyak Langkah

Pada saat lari sebaiknya dengan memperbanyak langkah dengan jarak pendek. Karena jika dengan perbanyak langkah yang lebar, justru akan membuat postur tubuh menjadi salah. Selain itu, berlari dengan langkah yang pendek akan menjada anda supaya bisa bernapas dengan lebih baik.

3. Condongkan Tubuh Sedikit Ke Depan

Dengan mencondongkan sedikit tubuh ke depan akan nosa membantu lari anda menjadi lebih cepat dibanding dengan tubuh yang tidak di condongkan.

4. Gerakan Lengan

Gerakan lengan saat berlari akan sangat penting karena bisa memompa kaki dan menggerakan tubuh depan. Bentuk huruf L dengan tangan. Telapak dikepal lalu ditarik sampai kedagu dan ditarik kembali dengan siku.

5. Dorong Badan

Jangan memperlambat larii saat sprint. Terus dorong tubuh anda ke depan agar kecepatan meningkat. Jika perlu lakukan sprint dengan sedikit lambat kemudian secara perlahan dipercepat dengan mencodongkan tubuh ke depan.

Baca juga: latihan fisik sepakbola

6. Bernapas Dengan Baik

Sebaiknya selaraskan napas dengan langkah anda, Ketika otot merasa lolos, bernapas lebih dalam. Traik napas setiap bersamaan saat anda bergerak, karena ini akan menghindarkan anda dari lelah dan kehabisan napas yang bisa membuat kemampuan lari menjadi turun.

Demikian tadi terkait ulasan tips cara lari cepat dalam sepak bola bagi pemain sepakbola. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.