Teknik Dasar Smash Bola Voli Dan Latihan Timing

Setelah mampu menguasai teknik awalan dengan baik berlajut ke dalam teknik tolakan. Teknik tolakan saat melakukan smash bola voli, diletakkan pada bagian kaki dan pinggul. Karena saat melakukan tolakan, harus melakukan kontraksi otot kaki dan pinggul. Saat mengayun dan melakukan tolakan kita juga membuat lompatan semakin tinggi karena ada peningkatan dari ayunan tangan kita.

3. Teknik Pukulan Smash

smash bola voli

Karena pukulan atau smash merupakan inti daru teknik smash bola voli, oleh karena itu harus dilakukan dengan semaksimal mungkin, keras dan akurat agar dapat masuk ke daerah lawan dan mendapatkan poin. Untuk melakukan teknik ini, lakukan pukulan dengan keras dengan tangan dan sertai juga dengan otot perut agar bisa maksimal. Selain itu, jarak dengan badan agar tidak terlalu dekat. Kemudian cobalah bola ke tempat kosong atau yang tidak mudah di kubu lawan. Semakin tinggi saat dilewati akan semakin baik dalam melakukan smash yang keras dan akurat.

4. Teknik Mendarat Atau Landing

smash bola voli

Teknik pendaratan harus mampu di kuasai dengan baik untuk menghidari kerusakan dan keselamatan anggota tubuh setelah melakukan smash. Untuk itu, usahakan badan sedikit membungkut dengan telapak kaki bagian depan yang mendarat lebih dulu dan di susul anggota badan lainnya. Jangan terlalu dekat dengan net, karena jika demikian bersih maka poin akan diberikan pada kubu lawan sebagai arah masuk ke daerah lawan.

Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar