Teknik Dasar Smash Bola Voli Dan Latihan Timing

Untuk melakukan pukulan smash yang baik, tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan saja. Dan tentunya dibutuhkan cara yang benar agar pukulan smash yang kita lakukan bisa lebih akurat dan juga menemui sasaran yang dituju. Adapun untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut ini.

1. Bendiri dengan menghadap net atau jaring dengan jarak sekitar 2-3 langkah kita.
2. Sebailknya awalan dengan langkah lebar dan datar. Kemudian kedua lengan diayunkan kebelakang dan fokus pandangan diarahkan pada bola.
3. Selanjutnya lakukan tolakan yang bisa dilakukan dengan menekuk kedua lutut dan kemudian di lanjutkan dengan melakukan loncatan.
4. Ayunkan lengan dengan memukul ke depan dan punggung dengan melenting ke posisi belakang.
5. Bola kemudia dipukul dengan menggunakan lengan terjulur, sedangkan telapak tangan tetap terbuka dan menaungibola dengan melecutkan pergelangan tangan.
6. Tahap akhir lakukanlah pendaratan dengan menempatkan posisi kedua kaki dengan secara brsamaan dan lutut mengeper.

Kesalahan Dalam Melakukan Smash

Kesalahan: Dalam beberapa kondisis, smash yang dilakukan dengan baik jutsru bisa berakhir dengan kegagalan. Dan diantaranya adalah sikap badan yang kaku, berdiri terlalu dengan posisi net atau jaring. Awalan langkah terlalu banyak dan juga lebar, saat melakukan tolakan tidak menekuk lutut dan juga lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta ketika melakukan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut yang mengeper.