Sejarah Softball Dunia dan Perkembangannya Hingga Masuk ke Indonesia

Sejarah softball menjadi sebuah bagian tidak terpisahkan dari perkembangan olahraga di dunia. Di mana ada banyak cabang olahraga yang berhasil ditemukan, dikembangkan, dan akhirnya menyebar luas hingga ke seluruh dunia.

Begitu juga dengan softball yang diketahui ditemukan di negara Amerika Serikat. Lalu oleh penemunya, olahraga tersebut dikembangkan, diperbaiki, dan disusun sedemikian rupa hingga menarik untuk dipraktikkan.

Tidak dipraktikkan sendiri saat bermain softball karena olahraga ini dimainkan secara berkelompok. Padahal pada sejarah pertama ditemukan tidak seperti itu.

Hal tersebut membuktikan bahwa olahraganya terus dikembangkan hingga seperti sekarang.

Sejarah Softball

Mengenal Sejarah Softball Lebih Dekat

Perlu Anda ketahui bahwa softball ditemukan pertama kali oleh seorang pria bernama Hancock di Kota Chicago, Amerika Serikat pada sekitar tahun 1887. Pada awal ditemukannya, softball dimainkan dalam ruang tertutup atau indoor.

Hal itu dikarenakan Hancock menganggap pada saat itu bermain sebuah permainan yang dilakukan secara berkelompok belum sepenuhnya aman. Selain itu, permainan olahraga yang belum pernah dimainkan masyarakat setempat akan dianggap aneh.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan dihubung-hubungkan dengan praktik sihir yang dianggap berbahaya pada saat itu. Namun dalam perkembangannya, softball mulai dikembangkan dan dipilih dimainkan di luar ruangan atau outdoor.