Teknik Servis Voli Bawah Dan Servis Atas

Bagikan di :

Servis voli –¬† Permainan bola voli sudah diresmikan pertama kalinya di tahun 1896 yang mana sebelumnya lebih dikenal dengan Mintonette. Hingga sampai sekarang, tentunya seperti yang diketahui banyak orang dengan bola voli.

Untuk bisa memainkan bola voli dengan baik, harus mampu menguasai beberapa teknik seperti teknik cara passing bawah dan passing atas. Karena teknik ini merupakan teknik dasar yang wajib dikuasi jika ingin bermain bola voli.

Karena jika tidak mampu menguasi teknik ini, maka permainan bola voli tidak bisa dimulai. Banyak teknik dasar yang juga harus bisa dikuasai dalam permainan bola voli seperti teknik smash, passing, blocking dan servis. Keempatnya paling banyak diajarkan terutama bagi yang masih permula yang ingin menguasai permainan bola voli. Jika bisa menguasi tekni dasar ini, maka permainan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Seperti topik yang akan diulas kali ini terkait teknik cara servis voli bawah dan servis atas pada permainan bola voli. Teknik ini merupakan teknik yang paling dasar dan paling awal yang banyak diajarkan kepada pemula.

Teknik servis ini sangat membatu kala memulai permainan bola voli atau melakukan putaran/babak baru. Biasanya ada are yang ditentuka untuk melakukan servis yang sudah merupakan area wajib. Dan berikut cara melakukan servis bawah dan servis atas pada permainan bola voli.

Teknik Cara Servis Bawah Dan Servis Atas Permainan Bola Voli

A. Teknik Cara Melakukan Servis Bawah

Adalah jenis servis di mana posisi awal tangan yang memukul bola di samping belakang badan, dengan tangan diayunkan dari bawah.

servis voli

1. Pertama tentunya berdiri pada area yang sudah ditentukan untuk melakukan servis
2. Mengambil sikap awal yakni dengan memajuka kaki kiri lebih maju di bandingkan dengan kaki kanan.
3. Bola voli kemudian dipegang pada tangan kiri yang diarahkan ke depan
4. Tangan kanan mengepal dan kemudian diayunkan dari arah belakang
5. Bola voli yang ada di tangan kiri dilambungkan ke atas dan kemudian tangan kanan di ayunkan kedepan sehinga memukul tepat di bagian bawah bola.
6. Bola dipukul keras hingga melewati net ke daerah lawan, namun tidak sampai keluar garis karena akan dianggap gagal.

Baca: info cara bikin jersey voli

B. Teknik Cara Melakukan Servis Atas

Servis tangan atas adalah jenis servis yang dilakukan dengan memukul bola dari atas. Dan biasanya dalam melakukan servis tangan atas ini di ikuti juga dengan lompatan supaya bola servis bisa melaju dengan cepat atau keras dengan kecepatan tinggi. Agar bola servis nantinya akan membuat lawan kesulitan dan bahkan langsung mematikan.

servis voli

1. Mengambil sikap awal yakni dengan meletakakn kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan.
2. Memegang bola dengan hanya menggunakan satu tangan saja.
3. Bola kemudian dilambungkan ke atas dan tangan satunya  memukul bola bagian belakang dengan menggunakan bagian telapak tangan dengan kuat hingga mampu melewati net ke daerah lawan.

Macam-Macam Jenis Dan Teknik Servis Tangan Atas Dalam Bola Voli:

1. Tennis Servis

– Awali dengan sikap posisi kaki kiri berada di depa dan kedua lutut agak di tekuk.
– Pegang bola dengan kedua tangan, tangan kiri memegang bola dengan menyangganya dari bawah, sementara tangan kanan berada di atas bola.
– Selanjutnya tangan kiri melambungkan bola kira-kira setengan meter / 50cm di atas kepala.
– Sambil memperhatikan bola, tangan kanan kemudian di tarik hingga ke belakang atas kepala dan siap untuk memukul bola.
– Ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dan pukul bola secara maksimal dengan cara seperti melakukan smash agar bola bisa melaju dengan cepat atau keras.

2. Floating Servis

– Ambil posisi sikap seperti akan melakukan tennis servis, yakni dengan kaki kiri berada pada posisi lebih di depan dari kaki kanan.
– Pegang bola dengan menggunakan tangan kiri dan tangan kanan berada di samping setinggi pelipis.
– Lambungkan bola agak ke samping kanan dan tidak terlalu tinggi dengan menggunakan tangan kiri.
– Setelah itu kemudian ayunkan tangan kanan untuk memukul bola tepat di bagian tenghanya.
– Saat melakukan pukulan floanting servis dilakukan dengan beberapa cara, seperti jari tangan dilipat, dengan pangkal telapak tangan atau memukul dengan genggaman tangan.

Keberhasilan melakukan servis voli bisa menjadi poin tersendiri dalam permainan bola voli. Jenis servis yang keras bisa membuat lawan tidak dapat mengambil bola dengan baik untuk di berikan kepada pengumpan. Sehingga situasi ini bisa menghambat lajunya smash yang bisa di lakukan pihak lawan saat mencoba mengembalikan servis yang kita buat.

Untuk itu lakukanlah servis voli dengan sebaik mungkin dan juga di sertai dengan perhitungan dan taktik yang cermat, agar servis yang kita buat bisa masuk ke arah area lapangan lawan.

Kontrol juga kekuatan tangan yang akan kita gunakan untuk memukul bola agar bisa memiliki akurasi yang tepat. Jika terlalu lemah, bisa saja bola gagal melewati net dan jatuh di lapangan sendiri.

Sedangkan jika terlalu keras, bisa membuat bola juga melaju terlalu jauh dan keluar dari area lapangan lawan. Jika ini terjadi, jelas justru kerugian bagi tim kita dan lawan yang akan mendapatkan poin secara cuma cuma.

Baca juga: peraturan voli

Demikian tadi ulasan terkait beberapa jenis macam servis voli dalam permainan bola voli yang harus di ketahui. Dengan beberapa variasi tersebut, tentunya membuat kita bisa memiliki beragam cara saat mendapat giliran melakukan servis.

Dan tentunya akan lebih baik jika mampu menguasai semua, karena bisa membuat pihak lawan sulit menebak jenis servis yang akan kita lakukan. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Bagikan di :