Apa Itu Ultras, Hooligan dan Casual + Sejarah Ultras Dunia dan Indonesia

Apa itu ultras? Ultras diambil dari bahasa latin yang memiliki makna kandungan artian “di luar kebiasaan”. Jadi kalangan ultras tidak akan pernah berhanti dalam memberikan dukungan pada tim ketika bertanding.

Bahkan mereka akan rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung dengan gaya yang lebih berani berseperti menyalakan kembang api atau petasan dan juga yel-yel dengan nada keras baik dalam bentuk dukungan maupun kritikan.

Sepakbola tanpa kehadiran penonton atau suporter yang berada di pinggir lapangan tentu terasa ada bagian yang kurang.

Hadirnya mereka dengan segala bentuk dukungan bisa untuk menjadi penyemangat dan memberikan suntikan kekuatan tambahan bagi tim yang didukungnya untuk bisa selalu meraih kemenangan saat bertanding.

Namun seiringnya kultur dan budaya yang mempengaruhi, terkadang menjadikan mereka dalam satu wadah atau simbol untuk memberikan dukungan yang berbeda-beda.

Hal ini bisa dilihat secara simple saja dari cara mereka berpakaian ketika hadir di stadion dan juga cara memberikan dukungan kepada tim saat pertandingan berlangsung serta saat pertandingan selesai.

Sejarah Ultras

Menurut catatan sejarah, fenomena ultras dilihami dari demotrasi-demontrasi yang dilakukan anak-anak muda saat ketidakpastian politik yang melanda Italia di akhir 1960an. Al hasil, sejatinya ultras adalah simptati politik dan representasi ideologi.