18 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Wajah

Manfaat Kencur yang paling utama adalah sebagai tanaman obat yang terasuk dalam suku temu-temuan, kencur merupakan tanaman yan mengandung alkaloid dan minyak atsiri yang dimanfaatkan sebagai stimulan.

Nama kencur diambil dari bahasa saskerta kachora, कचोर yang berarti temu putih.

Kencur merupakan temu kecil yang dapat tumbuh subur didaerah dataran rendah atau didaerah pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air, kecur juga dapat tumbuh dengan baik saat musim penghujan.

Anda bisa menanam kencur didalam pot atau di perkarangan rumah yang memiliki sinar matahari yang cukup, serta tidak terlalu basah atau setengah ternaungi.

Beraneka ragam makanan dan jamu tradisional di Indonesia umumnya menggunakan kencur sebagai campuran bahan dari resepnya. Kencur biasanya digunakan oleh orang tua sebagai tonikum yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada anak-anak.

Umumnya kencur memiliki manfaat sebagai obat dan jamu tradisional, namun kencur juga sering dijadikan sebagai bahan di industri kosmetik, penyedap rasa makanan, rempah-rempah, dan minuman sehat.

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Kandungan Kencur

Analisa laboratorium menunjukan bahwa seikat kencur memiliki kandungan zat lebih dari 23 jenis. Hal ini yang menjadikan kencur sebagai obat tradisional atau herbal, karena kencur memiliki banyak kandungan yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.