Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang

Bagi sebagian orang tentu masih awam dengan yang di maksud lari halang rintang. Lari halang rintang adalah berlari dengan melintasi rintangan seperti pada lari gawang. Jika pada lari gawang jarak tempuhnya antara 100 sampai 400 meter dan termasuk dalam kategori lari jarak pendek. Sementara lari halang rintangan ini jarak tempuhnya lebih panjang lagi misalnya 3000 meter.

Lari halang rintangan juga di sebut juga sebagai lari steeplace-chase 3000 meter yang termasuk dalam kategori lari jarak menengah dengan melewati rintangan rintangan yang sudah di tentukan. Dalam lari halang rintangan, ritangangnya terbagi menjadi dua yakni rintangan dengan gawang dan juga rintangan air dengan gawang di depannya.

Pelari halang rintangan tidak hanya harus mempunyai kecepatan seperti pelari 1500 meter. Namun juga harus mampu memliki kepandaian atau keahlian dalam mencoba melewati rintangan rintangan tersebut. Adapun cara untuk melewati rintangan rintangan tersebut di antaranya sebagai berikut ini.

A. Rintangan Gawang

1. Seperti pada lari gawang biasa. Cara ini banyak digunakan oleh pelari pelari yang banyak memiliki kemahiran dalam lari gawang dan pelari pelari yang memiliki tubuh jangkung. Sehingga dapat dengan mudah melangkahi rintangan gawang. Hal yang terpenting setelah melewati gawang adalah pelari tetap dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan sebaik baiknya.