Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Dan Penjelasannya

Lari jarak menengah – Setelah sebelumnya kita bahas teknik lari jarak pendek, kini pembahasan selanjutnya terkait teknik lari jarak menengah. Seperti diketahui, lari jara menengah adalah lari yang menempuh jarak 800 meter, 1500 meter utuk kategori putri. Sementara jarak tempuh untuk putra 800 meter, 1500 meter dan 3000 meter.

Untuk teknik lari jarak menengah tentu berbeda dengan teknik lari jarak pendek. Karena lari ini yang harus ditempuh tentunya lebih jauh. Untuk itu, pelari jarak menengah harus pandai dan pintar dalam mengatur strategi agar dapat keluar sebagai pemenang dalam perlombaan yang diikutinya.

Untuk bisa memenangi pertandingan atau kejuaraan lari jarak menengah, harus bisa menghemat tenaga agar supaya mengalami penurunan staminan pada saat perlombaan sedang berlangsung. Karena jika sampai stamina menurun sebelum menyentuh garis finish, peluang untuk keluar sebagai juara bisa tertutup karena berpotensi untuk disalip para pelari lainnya.

Untuk itu, para pelari jarak menengah sebaiknya harus menguasai teknik dasarnya terlebih dahulu agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat mengikuti kejuaraan atau perlombaan. Terlebih bagi yang masih tahap pemula atau mulai belajar lari jarik menengah. Berikut ini teknik yang harus di pelajari dan dikuasai terlebih dahulu.

Teknik Dasar Dan Penjelasannya:

A. Start

Untuk lari jarak menengah menggunakan start berdiri. Dan cara untuk melakukan start berdiri dengan terlebih dahulu pelari berdiri di belakang garis start. Salah satu kaki berada di depan sementara satu kakinya berada di belakang dengan posisi sedikit ditekuk. Badan codong ke depan dan kedua lengan dalam posisi yang wajar.