Teknik Menendang Bola Dan Melatih Akurasi Tendangan Dalam Sepak Bola

Bagikan di :

Teknik Menendang Bola – Dalam permainan sepak bola, setiap pemain  yang sudah profesional maupun pemula, harus mampu menguasai teknik menendang bola dengan baik dan benar. Meski seperti terlihat sepele, namun sebenarnya di butuhkan teknik atau cara cara khusus agar mampu mengarahkan bola dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang di tuju. Karena jika salah dan tidak tepat tentunya bisa merugikan tim sendiri semisal bola kemudian di kuasai kubu lawan.

Arti Tendangan

Tendangan merupakan cara memindahkan bola dari depan garis di mana tubuh pemain berada dalam posisi arah tertentu, bisa kearah teman satu tim atau gawang yang dilakukan dengan menggunakan kaki dan dengan mengandalkan tekanan dan kekuatan dari otot-otot kaki.

Dengan mampu mengusai teknik menendang bola dengan baik, tentunya setidaknya sudah bisa bagi pemain untuk menunjukan salah satu skill invindunya yang berguna juga dalam permainan tim. Dengan akurasi tembakan yang tepat, tentunya bisa memainkan bola dengan baik terutama dalam memberi umpan umpan pada temanya , saat mengoper bola juga saat mengeksekusi tembakan untuk menjadi sebuah gol ke gawang lawan.

Namun bila pemain sepak bola tidak mampu menguasai teknik atau cara menendang bola dengan baik. Tentunya bukan hanya secara penilaian individu yang kurang bagus. Namun juga bisa akan merugikan tim dengan kesalahan kesalahan yang bisa di buatnya saat memegang bola. Contohnya saja gagal mengumpan bola dengan baik dan di rebut lawan atau juga membuang peluang emas di depan gawang lawan karena kurang baiknya penyelesian akhir karena tembakannya kurang akurat dan melenceng dari gawang lawan.

Dalam permainan sepakbola, pastinya tidak akan bisa lepas dari yang namanya menedang bola. Karena hal ini yang paling utama dalam permainan sepakbola. Untuk itu setiap bola yang di kuasai harus mampu di perlakukan dengan cara di tendang atau di giring yang semuanya di lakukan dengan kaki. Nah untuk itu teknik menendang bola harus mampu di kuasai dengan baik.

Untuk teknik menendang bola dalam permainan sepakbola pada umumnya di bagi menjadi tiga bagian atau cara sesuai dengan bagian kaki yang di gunakan. Bisa dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar atau juga dengan punggung kaki atau biasa di sebut juga kuta kura kaki. Nah untuk lebih jelasnya akan coba di ulas sebagai berikut ini:

Teknik Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola

1. Teknik Menggunakan Kaki Dalam

Untuk teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola biasanya di gunakan untuk menedang bola atau memberikan umpan jarak cukup jauh. Dan untuk cara melakukannya sebagai berikut.

– Sebagai sikap permulaan, berdiri dengan sikap tubuh menghadap ke arah bola
– Kemudian posisikan kaki kiri sebagai tumpuan di samping bola, dengan lutut sedikit di tekuk
– Pastikan tubuh agak sedikit di condongkan ke belakang
– Untuk menjaga keseimbangan, tekuk sedikit kedua tangan Anda di sampaing  badan
– Tetap fokus ke arah bola dan pasa sasaran tembakan yang akan di tuju
– Bidik bola dengan tepat pada bagian tengahnya, dengan menggunakan bagian dalam kaki
– Kemudian ayunkan kaki kanan Anda dari belakang degan mengarah ke depan dan tendang bolanya dengan sasaran bola berada di bagian samping
– Setelah menedang, tumpu berat badan ke kaki kanan atau yang di gunakan ketikan untuk menendang
– Yang terakhir kemudian mendarat dengan baik dengan mendahulukan kaki kanan tersebut.

2. Teknik Menggunakan Kaki Bagian Luar


Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar dalam permainan sepak bola biasa di gunakan untuk menendang dengan jarak tempuh tendangan lebih dekat.  Adapun cara untuk melakukannya sebagai berikut ini.

– Sebagai permulaan sikap awal adalah dengan berdiri menghadap ke arah bola
– Kaki kiri atau yang menjadi tumpuan tubuh di letakkan di sampaing bola yang akan di tendang
– Kedua tangan di rilekskan untuk membantu menjaga keseimbangan pada tubuh Anda
– Kaki kanan atau yang di gunakan untuk menendang bola sedikit di putar ke dalam
– Tetap fokuskan padangan mata pada arah bola yang akan di tendang
– Selanjutnya kaki bagian luar di sentuhakn atau di kenakan pada bola untuk menendangnya
– Yang terakhir kemudian geser atau condongkan berat badan andake bagian depan tubuh

Baca juga: teknik dasar sepakbola

3. Teknik Bola Menggunakan Bagian Punggung Kaki


Teknik menendang bola menggunakan bagian pada punggung kaki atau biasa juga di sebuat kura kura kaki, biasa di gunakan untuk tendangan jarak jauh. Adapun untuk teknik menendangnya sebagai berikut ini.

– Sebagai sikap permulaan, tubuh berdiri menghadang bola
– Kaki kiri atau yang biasa di gunakan untuk menumpu di letakakan di samping bola dengan sedikit menekuk lutut Anda
– Tetap usahakan kedua tangan Anda tetap rileks untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda
– Tetap fokuskan pandangan mata ke arah bola yang akan di tendang
– Kemudian tekuk ke bawah pergelangan kaki Anda yang tentunya akan di gunakan untuk menendang bola
– Ketika menendang bola, tekuk menghadap ke depan lutut kaki kanan atau yang biasa di gunakan untuk menendang, selanjutnya ayunkan dari arah belakang ke arah bola, kemudian sentuhkan kaki pada bagian bola bagian belakang
– Dan yang terakhir setelah menendang, tumpukan berat badan ke bagian begian depan

Dan tentunya teknik ini harus mampu di kuasai dengan baik oleh setiap pemain sepak bola, terlebih  bagi yang masih tahap pemula. Untuk itu di perlukan latihan yang rutin yang teratur dan serius agar segera mampu di kuasai.

Baca juga: ukuran lapangan sepakbola

Teknik Dasar Cara Melatih Akurasi Tendangan Dalam Sepakbola

Dalam permainan sepakbola, anda diharuskan untuk menguasai beberapa teknik dasarnya dengan baik dan benar. Salah satunya adalah teknik menendang atau tendangan. Hal ini penting, karena dengan tendangan yang baik dengan akurasi yang tepat, bisa untuk menghasilkan atau mencetak gol. Namun untuk menguasainya, anda harus terlebih dahulu mengetahui teknik dasar cara melatih akurasi tendangan dalam sepakbola.

Tentunya, untuk bisa menghasilkan tendangan dengan akurasi yang terbaik diperlukan juga beberapa kali latihan dan juga strategi dengan cermat. Lantas bagaimana teknik dasar untuk meningkatkan akurasi tendangan dalam sepakbola? Mari disimak ulasan berikut ini.

Sebelum kita mempelajari terkait teknik dasar melatih akurasi tendangan dalam sepakbola. Sebaiknya kita juga mengetahui terlebih dahulu dengan apa yang dimasksud akurasi tendangan dalam sepakbola.

Akurasi

Yang dimaksud dengan akurasi adalah ketepatan bola bisa sampai pada target yang dituju, dengan pendaratan yang sempurna dan baik. Akurasi ini berkaitan erat dengan ketepatan jarak titik tembak dan kekuatan tembakan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan akurasi tendangan tentunya diperlukan latihan menendang dan latihan fisik terhadap otot-otot kami.

Berikut ini teknik dasar cara meningkatkan akurasi tendangan dengan latihan tendangan dalam permainan sepakbola:

1. Latih otot kaki dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan pertandingan dimulai. Hal ini penting untuk membuat kaki lebih kuat dan memiliki power yang tinggi serta untuk menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan seperti cidera.

2. Sebaiknya lakukan latihan menendang secara rutin atau berkala. Sebagai contoh bisa melakukan latihan berlatih bola dengan lawan atau juga tanpa lawan dalam satu minggu bisa sebanyak 2 kali atau menyesuaikan dengan kemampuan.

3. Dalam melakukan tendangan atau menendang, agar akurasinya tepat sebaiknya menggunakan kaki yang dianggap paling kuat.

4. Tempatkan posisi kaki berada disamping atau di depan bola.

5. Fokuskan pandangan kearah target atau sasaran yang akan di bidik.

6. Lebarkan kaki, namun jangan terlalu jauh.

7. Ayunkan kaki penembak atau saat akan menendang.

8. Kemudian tembakan atau tendang langsung bola dengan kekuatan power kaki sekuat-kuatnya. Namun saat melakukannya, sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru.

Untuk bisa menghasilkan tendangan yang akurat, tentu dibutuhkan kekuatan atau power kaki yang baik. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan latihan fisik yang berkaitan dengan gerakan-gerakan kaki. Berikut jenis-jenis latihan fisik untuk melatih kekuatan otot kaki bisa dilakukan dengan :

1. Lari
Dengan lari bisa meningkatkan kekuatan otot kaki secara signifikan. Anda bisa berlari setiap sebelum latihan selama kurang lebih 20 menit. Lari bisa juga di lakukan dengan mengelilingi lapangan.

2. Lari Sprint
Lari Sprint memiliki manfaat untuk meningkatkan otot-otot tungkai kaki. Dengan begitu pada saat menedangan , bisa dihasilkan tendangan yang kuat, cepat dan tepat sasaran.

3. Lompat
Untuk melatih kekuatan otot tungkai, bisa juga dengan melakukan beberapa lompatan sebelum pertandingan dimulai selama 15 menit atau kurang lebih 50 lompatan diatas rumput lapangan.

Nah demikian tadi beberapa teknik dasar cara meningkatkan akurasi tendangan dalam permainan sepakbola. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Baca juga: Pembuatan jersey bola

Bagikan di :