Peraturan Permainan Softball yang Wajib Diketahui Pemain

Sebelum memutuskan ikut bermain dalam cabang olahraga ini tentu harus mengetahui peraturan permainan softball dengan baik agar tidak melakukan pelanggaran dan tahu apa yang boleh dilakukan dan tidak.

Softball memang bukan merupakan cabang olahraga yang cukup popular di Indonesia namun tidak sedikit juga peminatnya. Ada banyak orang menyukai bahkan menjadi membuka klub dalam permainan tersebut.

Peraturan permainan softball ini dibuat di Amerika seperti tempat lahirnya cabang olahraga tersebut, tepatnya dikota Chicago Kioa pada tahun 1887 silam. Baru pada tahun 1930 olahraga ini dimainkan pada lapangan terbuka karena sebelumnya dilakukan secara tertutup.

Dari tahun tersebut di mana dimainkan pada lapangan terbuka hingga sekarang tetap dilakukan secara terbuka diera modern sekarang. Di Indonesia tidak heran atau sangat kurang akrab dengan sapaan softball.

Lebih tepatnya seperti bola kasti, meskipun begitu, tetap saja peraturan permainan softball tentu berbeda dengan kasti. Cabang olahraga ini juga sudah memasuki kejuaran pekan olahraga nasional di mana sering dipertandingkan antar provinsi.

Softball ini memainkan banyak sekali peran dikejuaraan internasional sehingga banyak negara juga mengenal jenis olahraga tersebut. Hal ini juga memancing pertandingan olahraga tingkat internasional mengadakannya.

Kejuaraan internasional juga tidak lupa untuk disorot. Tentu mengikuti kejuaraan bertaraf internasional di mana ada banyak negara lain memerlukan peraturan dari permainan softball lebih ketat lagi maka dari itu penting memahaminya terlebih dahulu.

Mengetahui Peraturan Permainan Softball

Hampir mirip dengan olahraga kasti, cara bermain softball adalah pemain akan memukul bola menggunakan tongkat pemukul yang biasanya dikenal dengan istilah bat. Setelah memukul akan berlari dan mengitari dari satu base ke base lainnya.