4+4 Pola Penyerangan Bola Basket Beserta Formasinya

Bila saat ini Anda ingin menggeluti dunia basket, ada beberapa pola penyerangan bola basket yang perlu diketahui. Bagi pemain basket, sebelum bermain penting untuk memahami tentang pola penyerangan.

Sebab bila ingin menjadi pemenang, dalam bermain bola basket kita tidak bisa sembarangan. Perlu menyusun taktik dan strategi, serta mengetahui beberapa pola penyerangan dalam basket.

Namun sebelum itu, ketahui dulu dasar dalam menyusun pola penyerangan serta formasinya. Anda tenang saja, tidak perlu bingung kita akan membahas semuanya di dalam artikel ini.

Dasar Pola Penyerangan Bola Basket

Sebelum kita membahas tentang pola penyerangan lebih jauh. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar dalam menyusun dan juga membuat pola penyerang. Untuk membuat pola penyerangan ada beberapa dasar.

Dasar pertama dalam menyusun pola penyerangan bola basket, harus ada seseorang yang menjadi pengaman, pengatur serangan. Harus ada beberapa pemain yang menjadi penembak, baik dilakukan secara bergelombang maupun bersamaan.

Selain itu harus ada seseorang yang menjadi pengumpan. Dan juga harus ada beberapa pemain atau seseorang yang menjadi perayah ketika tembakan gagal. Itulah dasar dalam menyusun pola penyerangan.

Ketahui Pola Penyerangan Bola Basket

Seperti telah dibahas sebelumnya, dalam permainan bola basket terdapat beberapa pola penyerangan. Berikut ini beberapa pola penyerangan yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut :

  1. Off the ball (pola penyerangan bebas)

Gerakan off the ball ini merupakan pola penyerangan bola basket yang bersifat bebas. Maksudnya strategi menyerang murni dari penguasaan taktik, teknik dan kesempurnaan fisik para pemain di dalam tim.