Teknik Dasar Smash Bola Voli Dan Latihan Timing

Bagikan di :

Smash bola voli – Dalam permainan bola voli ada beberapa teknik yang harus dipahami dan kuasai dengan baik yang ditujukan bagi yang masih pemula. Dan salah satunya teknik melakukan smash. Teknik ini harus mampu di kuasai setiap pemain voli terutama yang ditetapkan barisan spiker atau pukulan keras, karena sangat penting dalam upaya memburu dan mendapatkan poin.

Dalam teknik dasar smash, permainan bola voli, terdapata bertahap, juga haru di kuasai dengan baik secara bertahap. Agar pukulan smash bisa mengarah dengan baik dan tepat sasaran dengan masuk ke area lapangan lawan dan gagal di antisipasi dan di blok. Berikut ini mengulas terkait teknik dasar smash dalam permainan bola voli yang terbagi dalam 4 Tahap.

Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli

1. Teknik Dasar Awalan

smash bola voli

Teknik dasar awalan bisa menjadi salah satu yang menghasilkan hasil smash yang dilakukan. Untuk itu lakukan awalan dengan baik dan juga dalam waktu agar bisa dilewati dengan bertukar dengan bola yang akan di jangkau. Sebelum melakukan lompatan, lakukan tidak terlalu dekat dengan net. Agar ini, Anda memiliki tempat yang pas untuk melakukan ancang ancang sekitar 2-4 meter sebelum bersih.

2. Teknik Tolakan

smash bola voli

Setelah mampu menguasai teknik awalan dengan baik berlajut ke dalam teknik tolakan. Teknik tolakan saat melakukan smash bola voli, diletakkan pada bagian kaki dan pinggul. Karena saat melakukan tolakan, harus melakukan kontraksi otot kaki dan pinggul. Saat mengayun dan melakukan tolakan kita juga membuat lompatan semakin tinggi karena ada peningkatan dari ayunan tangan kita.

3. Teknik Pukulan Smash

smash bola voli

Karena pukulan atau smash merupakan inti daru teknik smash bola voli, oleh karena itu harus dilakukan dengan semaksimal mungkin, keras dan akurat agar dapat masuk ke daerah lawan dan mendapatkan poin. Untuk melakukan teknik ini, lakukan pukulan dengan keras dengan tangan dan sertai juga dengan otot perut agar bisa maksimal. Selain itu, jarak dengan badan agar tidak terlalu dekat. Kemudian cobalah bola ke tempat kosong atau yang tidak mudah di kubu lawan. Semakin tinggi saat dilewati akan semakin baik dalam melakukan smash yang keras dan akurat.

4. Teknik Mendarat Atau Landing

smash bola voli

Teknik pendaratan harus mampu di kuasai dengan baik untuk menghidari kerusakan dan keselamatan anggota tubuh setelah melakukan smash. Untuk itu, usahakan badan sedikit membungkut dengan telapak kaki bagian depan yang mendarat lebih dulu dan di susul anggota badan lainnya. Jangan terlalu dekat dengan net, karena jika demikian bersih maka poin akan diberikan pada kubu lawan sebagai arah masuk ke daerah lawan.

Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar

Untuk melakukan pukulan smash yang baik, tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan saja. Dan tentunya dibutuhkan cara yang benar agar pukulan smash yang kita lakukan bisa lebih akurat dan juga menemui sasaran yang dituju. Adapun untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut ini.

1. Bendiri dengan menghadap net atau jaring dengan jarak sekitar 2-3 langkah kita.
2. Sebailknya awalan dengan langkah lebar dan datar. Kemudian kedua lengan diayunkan kebelakang dan fokus pandangan diarahkan pada bola.
3. Selanjutnya lakukan tolakan yang bisa dilakukan dengan menekuk kedua lutut dan kemudian di lanjutkan dengan melakukan loncatan.
4. Ayunkan lengan dengan memukul ke depan dan punggung dengan melenting ke posisi belakang.
5. Bola kemudia dipukul dengan menggunakan lengan terjulur, sedangkan telapak tangan tetap terbuka dan menaungibola dengan melecutkan pergelangan tangan.
6. Tahap akhir lakukanlah pendaratan dengan menempatkan posisi kedua kaki dengan secara brsamaan dan lutut mengeper.

Kesalahan Dalam Melakukan Smash

Kesalahan: Dalam beberapa kondisis, smash yang dilakukan dengan baik jutsru bisa berakhir dengan kegagalan. Dan diantaranya adalah sikap badan yang kaku, berdiri terlalu dengan posisi net atau jaring. Awalan langkah terlalu banyak dan juga lebar, saat melakukan tolakan tidak menekuk lutut dan juga lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta ketika melakukan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut yang mengeper.

Baca juga: cara servis voli

Cara Melatih Timing Smash Bola Voli Agar Akurat Dan Tepat Sasaran

Untuk bisa melakukan smash yang baik dan menghasilkan poin, bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor. Dan salah satunya dengan bisa mengatur timing atau waktu yang tepat untuk melakukannya. Oleh sebab itu, di bawah ini akan coba di ulas terkait penjelasan mengenai cara melatih timing smash bola voli agar akurat dan tepat sasaran.

Karena dengan mampu menguasai timing smash yang baik, maka bisa untuk memperkirakan kapan saat yang paling tepat untuk melakukan smash sehingga membuat pihak lawan tidak bisa untuk mengatisipasinya.

Cara-Melatih-Timing-Smash-Bola-Voli

1. Gerakan Melangkah Kaki

Saat melakukan timing smash, memang mengharuskan kita untuk terus berlatih melakukan gerakan kaki dengan sangat tepat dan pas. Melakukan gerakan timing membuat kita harus mampu bisa untuk berjalan dengan sangat perlahan.

Karena dengan berlari atau terburu-buru justru akan membuat timing smash menjadi tidak maksimal dan tidak membuahkan hasil. Perlu untuk diketahui, agart tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena semua olahraga apapun, kebanyakan akan terlebih dahulu dimulai dengan melakukan pemanasan.

2. Melatih Perantara Dinding

Melakukan latihan timing dengan bantuan pantulan dinding juga akan sangat membantu untuk bisa melakukan timing dengan baik. Pose pemantulan ke dinding itu juga memiliki kesamaan ketika menggunakan bola langsung.

Dan jika ingin menghasilkan smash dengan baik, maka teknik ini perlu di coba. Dengan melakukan ini, juga membuat kita terbiasa dan tidak akan canggung lagi. Lakukan saja dengan rutin dan teratur supaya nanti hasil timing smash menjadi lebih maksimal.

3. Berlatih Tanpa Menggunakan Bola

Yang dimaksud melakukan latihan timing tanpa menggunakan bola, yakni sebagaimana kita melakukan latihan timing smash, namun tanpa menggunakan bola. Jika sudah terbiasa melakukan gerakan ini, maka akan sangat baik manfaatnya ketika kita sudah mahir dan kita memengan bola langsung.

Cara ini cukup membantu jika dilakukan secara rutin. Lakukan gerakan ini sampai dirasa sudah mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Biasakan Melatih Otot Tangan

Melakukan gerakan timing smash akan sangat memerlukan gerakan otot tangan. Oleh karena itu melakukan gerakan olahraga yang memang memiliki manfaat untuk memperkuat otot tangan akan sangat membantu dan memiliki manfaat yang baik. Olahraga seperti apa saja yang dirasa memiliki manfaat untuk melatih otot pada bagian tangan?

Salah satu yang dilakukan dengan cara gerakan push up, karena memang oleharaga ini dirasa sangat baik untuk bisa dilakukan guna melatih otot tangan. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan atau ketika memiliki kesempata untuk bisa melakukan smash, maka bisa langsung dengan menggunakan otot pergelangan tangan untuk melakukan smash.

5. Perkuat Genggaman Tangan

Untuk bisa melakukan pukulan smash bola voli yang akurat dapat dengan memperkuat genggaman tangan dan ini merupakan salah satu hal dibutuhkan. Dengan memperkuat genggaman tangan, maka ketika anda hendak memukul bola atau smash, hasilnya akan lebih baik. Dan cara utuk memprkuat genggaman tangan bisa dilakukan dengan hal-hal yang memang berfungsi untuk memperkuat otot anda.

6. Jangan Meloncat / Melompat Terlalu Tinggi

Sebaiknya bagi anda yang ingin mendapatkan pukulan smash yang lebih baik dan akurat, sebaiknya anda saat melakukannya jangan meloncat terlalu tinggi. Karena dengan meloncat terlalu tinggi, justru bisa menguras stamina dan pemukulan bola menjadi tidak maksimal.

7. Banyak Berlatih

Dengan banyak berlatih bisa untuk menjadi kunci utama seseorang untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, termasuk jika anda ingin mendapatkan atau bisa melakukan pukulan smash dengan akurat maka anda harus sering banyak melakukan latihan atau berlatih. Dengan banyak berlatih gerakan-gerakan yang sudah disebutkan di atas, akan bisa untuk membiasakan tangan anda bergerak dengan baik. Jadi teruslah berlatih, jika anda ingin mendapatkan pukulan smash pada permainan bola voli dengan lebih akurat dan juga lebih baik.

Nah, demikian tadi terkait beberapa cara untuk melatih smash bola voli agar akurat dan tepat sasaran yang dituju. Lakukan beberapa cara-cara yang telah diulas dalam artikel diatas, agar bisa mendapatkan hasil timing smash dengan tepat dan baik. Jangan lupa pakai jersey voli agar latihan makin semangat. Smoga saja artikel ini bisa memiliki manfaat bagi para penggemar olahraga bola voli dan salam olahraga.

Bagikan di :