Cara Melakukan Blocking Bola Voli

Blocking bola voli biasa juga disebut bendungan. Jadi yang dimaksud dengan blocking adalan suatu teknik dalam permainan bola vaoli yang dilakukan dengan tujuan untuk membendung serangan yang dilakukan pihak lawan, supaya bola tidak dapat melewati net dan kemudian tetap berada di area lapangan lawan.

Dengan demikian, blocking merupakan salah satu teknik yang penting dalam permainan bola voli dan harus mampu dikuasai dengan baik dan benar oleh setiap pemain. Dalam melakukan blocking atau bendungan, bisa dilakukan secara sendiri ( blok tunggal), atau juga bisa dilakukan secara bersamaan dengan rekan atau teman satu tim (block ganda).

Tentunya untuk bisa melakukan blocking atau bendungan yang baik dan rapi dalam permainan bola voli, diperlukan beberapa kali latihan yang serius dan dilakukan secara konsisten. Terlebih bagi kamu yang masih tahap pemula atau baru belajar memainkan permainan bola voli.

Untuk bisa melakukan blocking dengan baik dan benar serta akurat. Ada beberapa unsur-unsur dasarnya yang harus terpenuhi atau sudah mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu seperti yang akan di ulas berikut ini.

Cara Melakukan Blocking / Bendungan Dalam Permainan Bola Voli

1. Blocker memposisikan dirinya berada dekat dengan net. Selanjutnya mengadakan langkah kaki ke kanan atau ke kiri atau dengan kata lain bergerak untuk mendekati lawan yang akan melakukan spike atau smash.