Pengertian Pukulan Dropshot Dalam Permainan Bulutangkis

Pukulan dropshot – Dalam permainan bulu tangkis, diperlukan beberapa variasi teknik saat melakukan pukulan. Dan salah satunya adalah pukulan dropshot. Bagi anda yang sering memainkan permainan bukutangkis, tentu sudah mengerti dengan jenis pukulan ini. Namun bagi yang masih awam. tentu akan dibuat penasaran.

Lantas apa yang dimaksud dengan pukulan dropshot dalam permainan bulutangkis? Pukulan dropshoot adalah pukulan yang dilakukan seperti smash namun dengan dorongan atau sentuhan yang halus, agar shuttlecock bisa jatuh didekat jaring atau net lawan. Dan pukulan ini akan lebih mematikan jika dipadukan dengan gerakan tipuan.

Untuk bisa melakukan pukualn dropshot yang akurat perlu diperhatikan beberapa hal seperti posisi tubuh dan juga cara memegang raket serta gerak kaki yang cepat. Untuk lebih detainnya sebagai berikut ulasannya.

Pengertian Pukulan Dropshot

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Pukulan Dropshot:

– Gunakan pegangan raket forehan dengan posisinya di samping bahu.
– Posiis badan yang menyamping atau vertika dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul suttlecock, harau terjadi perpindahan bebab badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
– Posisi badan selalu diupayakan berada di belakang sutlecock.
– Pada saat perkenanaan suttlecock, tangan harus luru untuk menjangkau kock dan dorong dengan sentuhan yang halus.
– Untuk arah forehand lawan, pukul bagian lengkungan kock sebelah kanan dan lengkung kiri untuk tujuan backhand.
– Posisi raket mengikuti arah suttlecockĀ  dan biasakan untuk bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat di belakang sutllecock.
Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelag memukul suttlecock.
– Suttlecock harus dipukuk dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil. Dan pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan juga gerak tipu.