Netting Dalam Permainan Bulutangkis Dan Cara Melakukannya

Bagi anda yang sudah lama menggemari atau memainkan permainan bulutangkis, tentu sudah mengerti neting adalah pukulan yang bagaimana dalam permainan bulutangkis. Namun bagi anda yang masih tahap pemula atau awam, tentu bisa jadi masih bingung dengan pengertian dari pukulan netting dalam permainan bulu tangkis ini.

Pengertian Pukulan Netting

Yang dimaksud dengan pukulan netting dalam permainan bulutangkis atau badminton adalah pukulan yang dilakukan di dekat net, yang dipukul dengan sentuhan halus namun memiliki keakuratan yang baik.

Tujuan pukulan netting ini agar suttlecock bisa jatuh di bidang atau lapangan lawan dengan sedekat mungkin dengan net sehingga lawan akan sulit untuk bisa mengembalikan shutllecock.

Perlu koordinasi keseimbangan antara tubuh dengan gerak kaki, lengan posisi raket dan juga shuttlecock saat perkenaan, serta konsentrasi ketika memukul kok menjadi faktor penting agar netting yang dilakukan bisa berhasil. Ada beberapa prinsip-prinsip dasar dalam melakukan netting yang benar agar bisa sukses dan akurat.

netting bulutangkis

Prinsip Dasar Saat Akan Melakukan Netting

1. Pegang raket dengan rileks sebisa yang anda lakukan.
2. Suttlecock harus diambila di atas atau setinggi mungkin.
3. Usahan laju suttlecock serendah mungki dengan bagian atas net.
4. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat atau sedekat mungkin dengan net.